Dr H Sori Monang MTh : Puasa Menanamkan Keikhlasan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – BKM Masjid Ulul Albab Kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Jalan Sutomo, melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dengan pengurus BKM, Dosen dan jama’ah di awal Puasa Ramadhan.

“Kegiatan buka puasa bersama di Masjid Ulul Albab Kampus UIN Jalan Sutomo akan kita laksanakan setiap hari hingga akhir Ramadhan. Insya Allah akan menjadi kegiatan rutin BKM Masjid Ulul Albab setiap tahunnya,” ujar Drs Muhammad Aswin MAP kepada media, Selasa (13/4/2021).

Ditambahkan bahwa kegiatan ini merupakan seruan dari Rektor UIN Sumatera Utara Prof Dr H Syahrin Harahap MA agar Masjid Kampus UIN menjadi contoh penguatan nilai-nilai spiritualitas warga civitas akademika UIN Sumatera Utara.

“Buka puasa bersama ini juga merupakan bentuk solidaritas agar setiap kita berbagi kepada siapa saja, terlebih kepada mereka yang berpuasa,” tambah Wakil Ketua BKM Ulul Albab.

Sori Monang
Suasana buka puasa bersama di Masjid Ulul Albab Kampus UIN-SU Jalan Sutomo

Buka puasa bersama ini, diawali dengan tausiyah oleh Al-Ustad Dr H Sori Monang Rangkuti, MTh yang menekankan penguatan nilai-nilai keikhlasan dalam melaksanakan ibadah puasa ini.

“Ramadhan melatih kita untuk tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang solih, jujur, ikhlas dan peduli kepada semua, karena di dalam puasa mengandung makna yang hakiki yaitu saling peduli dan saling memberi, hal terpenting dalam pelaksanaan Puasa Ramadhan ini adalah tumbuhnya nilai keikhlasan di setiap diri individu,” ujar Wakil Dekan I FIS UIN Sumut ini.

Selama Bulan Ramadhan, BKM Masjid Ulul Albab disamping rutin melakukan kegiatan buka puasa bersama, setiap harinya sesudah Zuhur di isi ceramah singkat seputar Ramadhan oleh para Dosen di lingkungan UIN Sumut, kemudian malam harinya selesai sholat Isya berjamaah sembari menunggu sholat tarawih, diisi dengan ceramah.

“Kegiatan selama Bulan Suci Ramadhan ini, merupakan Program kegiatan BKM Masjid Ulul Albab, yang sudah di persiapkan menjadi agenda rutin setiap tahunnya,” ujar Wakil Koordinator Kopertis Wilayah IX ini mengakhiri wawancara. (AS)

- Advertisement -

Berita Terkini