STIT AL- Ittihadiyah Labura, Adakan Bedah Buku Filsafat Ilmu Pendidikan Dasar Islam

STIT AL- Ittihadiyah Labura
Bedah buku melalui meeting zoom

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu Utara – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) AL- Ittihadiyah Labuhanbatu Utara (Labura) mengadakan acara Bedah Buku Filsafat Ilmu Pendidikan Dasar Islam karya Dr Hj Salminahwati SS MA dan Muhammad Saleh As Singkili, MPd Dosen FITK UIN-SU dan Dosen STIT AL- Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, yang diterbitkan KA_MEDIA Yogyakarta yang berlangsung secara daring, dihadiri mahasiswa dari perguruan tinggi, akademisi, dan pimpinan pelaksana akademik dari berbagai perguruan tinggi Islam jajaran Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, pada pembukaan  acara “Bedah Buku” Dr Mursal Aziz MPdI menyampaikan Pimpinan Yayasan dan STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara menyambut baik kegiatan bedah buku karya Dr Hj Salminawati SS MA beserta Muhammad Saleh As Singkili MPd.

“Berharap melalui kegiatan bedah buku ini dapat membangun iklim akademik yang baik di STIT Al- Ittihadiyah Labuhanbatu Utara dan mitra STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, FITK UIN Sumatera Utara dan Institut Darul Ulum Asahan. Kegiatan ini disambut baik pimpinan perguruan tinggi mitra yang dirasakan dapat bermanfaat dan berkontribusi meningkatkan kualitas akademik dalam membangun kemajuan perguruan tinggi Islam di Sumatera Utara,” ujarnya.

STIT AL- Ittihadiyah Labura
Bedah buku melalui meeting zoom

Dalam paparannya penulis buku menyampaikan focus pada 6 poin penting yang menjadi perhatian dalam buku filsafat ilmu pendidikan dasar Islam yang salah satunya tentang karakter peserta didik dalam jenjang pendidikan dasar Islam yang selama ini tidak sesuai dengan kaidah-kaidah Islam itu sendiri yang meliputi dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari dalam bentuk tingkah laku yang diperlihatkan.

“Terutama masalah pembiasaan untuk membangun karakter anak sholeh untuk menagkal pandangan dan perilaku sekuler era 4.0. Sementara itu Dr Ahmad Syukri Sitorus MPd sebagai pembahas buku filsafat ilmu pendidikan dasar Islam menyambut baik buku tersebut sebagai terobosan baru dalam bentuk tulisan yang mengkaji tentang filsafat ilmu pendidikan dasar Islam guna memperkaya wawasan warga madrasah khususnya di bidang pendidikan

Lebih lanjut Dr Ahmad Syukri Sitorus MPd menambahkan bahwasanya buku ini sangat mudah untuk dipahami, terutama dalam materi pokok perkuliahan program Sarjana dan Magister.

STIT AL- Ittihadiyah Labura
STIT AL- Ittihadiyah Labura

“Pembahas mengharapkan tulis-tulisan ini kedepannya lebih merujuk kepada kitab-kitab Salaf untuk menekankan tentang penjelasan Al – Quran dan hadist terkait dengan pendidikan dasar Islam itu sendiri,” tandasnya.

Acara beda buku yang sukses ini dipimpin moderator dosen STIT Al – Ittihadiyah Labuhanbatu Utara Ismail Ahmad Siregar MPd. (red).