Universitas Indraprasta PGRI, Lembaga Pendidikan Pemberi Solusi di Saat Pandemi Covid-19

Universitas Indraprasta PGRI
Abdullah Iqbal, S.Sn., M.Pd

MUDANEWS.COM, Jakarta – Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam.

Bahkan telah setahun lamanya, pandemi ini masif menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Salah satu sektor yang menjadi kekhatiran masyarakat yaitu tentang sektor pendidikan. Di tengah pandemi yang terus mewabah, pendidikan tetap harus terus mendapatkan perhatian agar tidak terdampak buruk. Tentu kita tidak menginginkan pandemi Corona mengancam dunia pendidikan.

Pendemi juga sungguh mengancam perekonomian global yang berdampak pada kehidupan masyarakat, perusahaan banyak tutup, pekerja banyak yang di-PHK, kekhawatiran masyarakat akan kehidupan masa mendatang semakin menakutkan.

Tetapi, pendidikan menjadi salah satu prioritas orang tua terhadap anak-anaknya, karena pendidikan sebagai komoditas utama. Namun, yang menjadi masalah besar adalah biaya pendidikan yang menjadi alasan orang tua berpikir seribu kali untuk menguliahkan anaknya.

Pendidikan merupakan salah satu sarana yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara.

Dalam UU Nomor 20 Tahun 2003, berbunyi “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.”

Universitas Indraprasta PGRI yang dinahkodai Prof. Dr. H. Sumaryoto sebagai Rektor, memiliki Moto “Mandiri, Peduli, Kreatif dan Adaptif”

Beliu juga memiliki tagline “Pendidikan Tidak Perlu Mahal Unindra aja”. Universitas Indraprasta PGRI yang berada di Jakarta Selatan, merupakan salah satu perguruan tinggi yang peduli terhadap masyarakat.

Bukti kepeduliannya adalah Unindra kampus yang menerapkan biaya pendidikan terjangkau untuk masyarakat menengah kebawah.

Maka dari itu, sebuah pilihan tepat bagi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di kampus terjangkau, utamanya saat pandemi Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan dan menyulitkan ekonomi masyarakat.

Penulis: Abdullah Iqbal, S.Sn., M.Pd.