Kopertais IX Wilayah Sumut Lakukan Kunjungan ke Universitas Alwashliyah dan STAIS AL Buchari Labuhan Batu

Kopertais IX Wilayah Sumut
Koordinator Kopertais IX Wilayah Sumatera Utara Prof Dr H Syahrin Harahap MA didampingi Wakil Koordinator Drs Muhammad Aswin MAP beserta Wakil Rektor II Dr Hj Hasnah Nasution MAg dan Wakil Rektor III Dr Nisful Khoir foto bersama (dok istimewa)

MUDANEWS.COM, Labuhan Batu – Kopertais IX Wilayah Sumatera Utara Prof Dr H Syahrin Harahap MA pada Rabu-Kamis (10-11/2/2021) yang lalu melakukan kunjungan ke Universitas Al Washliyah dan STAIS Al Buchari Labuhan Batu.

Dalam kunjungan tersebut Koordiantor Kopertais turut Wakil Koordinator Drs Muhammad Aswin MAP beserta Wakil Rektor II Dr Hj Hasnah Nasution MAg dan Wakil Rektor III Dr Nisful Khoir.

Kopertais sebagai lembaga koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta, memiliki tugas pokok dan fungsi melakukan pengawasan, pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta, maka dalam rangka itulah berkesempatan melakkan pelaksanaan tugas langsung kedua PTKIS tersebut.

Ketua Koordinator pada kunjungan yang digelar di Aula Alwasliyah Labuhan Batu tersebut menyampaiakan betapa harapan masyarakat digantungkan pada PTKIS terutama di daerah.

“Berharap PTKI dan STAIS menjadi tempat melahirkan para generasi Islam yang berilmu, beriman dan bertaqwa, maka tugas ini harus diemban oleh para pegelola lebih serius, sehingga nantinya kita dapat melahirkan alumni yang berkualitas yang mampu bersaing dengan Alumni Perguruan Tinggi lain,” ujar Prof Syahrin.

Untuk itu, kepada para pengelola PTKIS-STAIS, beliau mengharapkan selalu mengikuti dan mendapatkan informasi yang aktual apalagi masa pendemik ini, kita dihadapkan kendala untuk bertatap muka karena harus mematuhi prokes, tetapi sekalipun hal ini masih terus berlangsung kita tidak boleh berhenti menjalankan, harus mampu menemukan inovasi dan ide-ide baru dan kita semua dituntut tetap melakukan tugas sebaik mungkin.

“Para pengeloa harus mampu meningkatkan pengelolaan PTKIS-STAIS sebagaimana yang diamanahkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bagaimana PTKIS-STAIS lebih memperhatikan perolehan Akreditas Prodi masing-masing, sebab Akreditas saat ini menjadi barometer yang menunjukkan Prodi dan Perguruan Tinggi baik ataupun unggul, dengan perolehan ini para calon mahasiswa akan melirik PTKIS dan STAIS yang terbaik tidak lagi dikarenakan Perguruan Tinggi itu berada dan juga menjadi kelayakan bersaing dengan perguruan tinggi lainnya,” jelas Prof Syahrin.

Kopertais IX Wilayah Sumut
Koordiantor Kopertais IX Wilayah Sumatera Utara Prof Dr H Syahrin Harahap MA didampingi Wakil Koordinator Drs Muhammad Aswin MAP beserta Wakil Rektor II Dr Hj Hasnah Nasution MAg dan Wakil Rektor III Dr Nisful Khoir foto bersama (dok istimewa)

Sementara Wakil Koordinator Kopertais Muhammad Aswin dalam kesempatan dialog dengan kedua Perguruan Tinggi Agama Islam tersebut, Kopertais akan melakukan perubahan dalam pelaksaaan Tugas Pokok dan Fungsi Kopertais baik dalam kebijakan kebijakan ekternal dan internal.

“Kopertais dalam menjalankan tugas akan menguatamakan Intergritas, Sinergi data, Pelayanan dan Kolaborasi,” pungkas Aswin. (red)