FIS UIN Sumut, Berpacu Raih Prestasi

FIS UIN Sumut, Berpacu Raih Prestasi
Dekan FIS UIN Sumut, Dr Maraimbang Daulay MA

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FIS UIN Sumut), terus melakukan pembenahan internal di Fakultas Ilmu Sosial, dalam mempersiapkan akreditasi di Fakultas Ilmu Sosial yang sedang berjalan, pasca Pelantikan Pimpinan Fakultas yang baru.

“Fakultas Ilmu Sosial sedang mempersiapkan bahan-bahan assessment untuk beberapa Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial ini, agar capaian akreditas seperti yang di awal kita rencanakan dapat memenuhi persyaratan,” ujar Dr Maraimbang Daulay MA kepada awak media, Selasa (22/12/2020) di ruang kerjanya.

Lebih jauh disampaikan, bahwa Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumut ini, mengelola beberapa Program Studi, diantaranya Ilmu Komunikasi, Sosiologi Agama, Sejarah Peradaban Islam dan Ilmu Perpustakaan.

“Untuk Program Studi Komunikasi dan Ilmu Perpustakaan, Alhamdulillah sudah terakreditasi B, sedangkan untuk Program Studi Sosiologi Agama dan sejarah Peradaban Islam sedang berproses, Insya Allah tahun depan kita upayakan terakreditasi B, tentunya capaian ini butuh kerja keras dari seluruh komponen di Fakultas Ilmu Sosial dalam mempersiapkan bahan yang di butuhkan,” ujar Dekan FIS ini.

Beberapa Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial, seperti Ilmu Komunikasi dan Perpustakaan termasuk salah satu program Studi yang banyak diminati mahasiswa baru, sehingga ruang kelas yang ada tidak memungkinkan untuk menampung, mengingat keterbatasan kelas yang tersedia.

“Khusus Program Studi Ilmu Komunikasi, ini termasuk paling banyak peminatnya. Karena Program Studi Ilmu Komunikasi ini berbeda dengan Program Studi Komunikasi yang ada di Fakultas Dakwah. Disini lebih mengutamakan kemampuan keahlian di bidangnya seperti jurnalistik, Komunikasi digitalisasi, adaptasi teknologi 4.0, sehingga kemampuan keahlian mahasiswa kita dorong terhadap situasi perubahan yang ada, sehingga para mahasiswa memiliki kemampuan aplikatif,” ujarnya.

Kedepan Fakultas Ilmu Sosial sedang mempersiapkan perpindahan ke Kampus baru di daerah Tuntungan. Kampus IV UIN Sumut ini sangat representatif dan memenuhi standar internasional.

“Insya Allah awal Maret nanti, kita akan menempati Kampus UIN di Tuntungan, karena ruang kelas yang ada sekarang tidak mampu lagi menampung jumlah mahasiswa, Kampus IV ini memiliki fasilitas lengkap dalam menunjang proses belajar sarana dan prasarana cukup lengkap, harapan kita dengan sarana dan prasarana yang ada, target di tahun 2021 atau 2022, seluruh Program Studi Fakultas Ilmu Sosial sudah terakreditasi A atau unggul, sehingga berkonstribusi bagi akreditasi universitas,” tambah Dekan FIS UIN-SU yang murah senyum ini mengakhiri wawancara. (Amirsyam)