WR III UIN Sumut : Terimakasih dan Apresiasi kepada Civitas Akademika UIN Sumut

Dr. Nisful Khoiri, MA - Wakil Rektor III Universitas Negeri Islam (UIN) Sumatera Utara
Dr. Nisful Khoiri, MA - Wakil Rektor III Universitas Negeri Islam (UIN) Sumatera Utara

MUDANEWS.COM, Medan – Universitas Negeri Islam (UIN) Sumatera Utara, kembali mencatatkan prestasi akademik. Seperti di rilis lembaga penilaian webometrics pada bulan Juli 2020 lalu, menempatkan UIN Sumut masuk 10 besar UIN terbaik se-Indonesia. Capaian ini tentu sangat menggembirakan bagi keluarga besar civitas akademika UIN Sumut.

“Pertama kita ucapkan Alhamdulillah dan apresiasi yang tinggi atas capaian ini, terutama kepada lembaga yang merilis data analitik Webomterics yang membuat rilis data terhadap universitas Islam di Indonesia sejak bulan Juli 2020 lalu, dan menempatkan UIN Sumut masuk kategori 10 besar terbaik,” ujar Dr. Nisful Khoiri, MA kepada Media, Senin (21/12) di ruang kerjanya Kampus UIN Sumut II jalan Pancing Medan.

Penilaian ini didasarkan atas empat indikator capaian yang meliputi Kehadiran, Dampak, Keterbukaan dan Keunggulan. Berdasarkan ke empat syarat tersebut, UIN Sumut telah memenuhi kriteria, sehingga menempati posisi 10 besar salah satu Kampus Pendidikan Islam terbaik se-Indonesia.

“Capaian ini tentu menjadi motivasi bagi seluruh warga kampus UIN Sumut, agar mampu mengeksplorasi kemampuan dan potensi akademik, sehingga UIN Sumut mampu sejajar dengan Kampus-Kampus yang ada di Indonesia, khususnya dalam lingkung PTKIN,” ujar Wakil Rektor III ini.

Prestasi yang di dapat merupakan bentuk penghargaan sekaligus tantangan bagi seluruh warga Kampus UIN Sumut untuk terus berkonstribusi dalam mewujudkan visi UIN Sumut sebagai Kampus berkelas internasional.

“Peningkatan kapasitas akademik, sarana dan prasarana belajar mahasiswa, kegiatan penelitian baik dosen dan mahasiswa akan terus di tingkatkan, dan beberapa prestasi mahasiswa UIN Sumut baik di bidang saintek dan seni budaya akan terus didorong agar capaian akademik tersebut, dapat di nikmati warga Kampus dan masyarakat umumnya,” tambah Ketua ISNU Sumut ini.

Beberapa prestasi internasional sudah di hasilkan mahasiswa UIN di kancah kompetisi internasional, di bidang penelitian saintis beberapa waktu lalu.

“Kita optimis dengan ketersediaan sarana dan prasarana Kampus yang representatif, kemudian peningkatan akreditasi di tiap Fakultas dan Program Studi, Insya Allah tahun 2021 UIN Sumut akan mampu meraih prestasi, tentu saja ini butuh kerjasama dan koordinasi yang baik antara Pimpinan Universitas dengan seluruh civitas akademika lainnya,” tambah tokoh Muda Nahdlatul Ulama Sumatera Utara ini.

Berdasarkan data rilis hasil penilaian Webometrics, Universitas Islam terbaik se-Indonesia yang di rilis bulan Juli 2020 lalu menempatkan UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai peringkat pertama, di susul UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sutan Syarif Kasim Pekan Baru, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Raden Intan Lampung, UIN Wali Songo Semarang, UIN Alawuddin Makassar, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Sumatera Utara. (Amirsyam)