Gelar Seminar Online Nasional, HMJ Matematika FMIPA UNM Resmi Buka Acara Tahunan GEOMETRI 2020

Gelar Seminar Online Nasional, HMJ Matematika FMIPA UNM Resmi Buka Acara Tahunan GEOMETRI 2020
Gelar Seminar Online Nasional, HMJ Matematika FMIPA UNM Resmi Buka Acara Tahunan GEOMETRI 2020.

MUDANEWS.COM, Makassar – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar Seminar Online Nasional bertajuk “Paradigma Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi yang Efektif dan Menarik” sebagai penanda pembukaan rangkaian kegiatan GEOMETRI 2020 tahun ini. Rabu (28/10).

Ketua panitia GEOMETRI 2020, M. Asrul Reza Rusli menuturkan bahwa seminar online yang diadakan Via Zoom ini menghadirkan tiga pemateri yaitu dosen Matematika FMIPA UNM Bustang Buhari, Bachelor of Science in Mathematical Science NTU Singapore Billy Kurniawan dan Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM Asdar.

“Jumlah pesertanya mencapai lebih dari 500 orang peserta dari berbagai provinsi di Indonesia,” ujar M. Asrul Reza Rusli dalam keterangan tertulisnya, (29/10).

Gelar Seminar Online Nasional, HMJ Matematika FMIPA UNM Resmi Buka Acara Tahunan GEOMETRI 2020
Gelar Seminar Online Nasional, HMJ Matematika FMIPA UNM Resmi Buka Acara Tahunan GEOMETRI 2020.

Bustang Buhari sebagai pemateri pertama seminar online mengungkapkan bagaimana kondisi pembelajaran matematika di sekolah dan universitas di Inggris.

“Dari segi materi di Inggris setiap topik tidak saling lepas dengan topik yang lain, seperti aritmatika sosial yang dihubungkan dengan geometri. Jadi pembelajaran tidak hanya dibuat secara meluas saja tetapi setiap kajiannya dibuat lebih mendalam,” ungkapnya.

Selanjutnya, Billy Kurniawan pemateri kedua menjelasksn bagaimana pandangannya terhadap matematika.

“Matematika mengajarkan kita untuk berpikir kritis, analisis, dan logis. Itulah ilmu terpenting yang bisa kita dapat dari matematika,” jelasnya.

Disisi lain, pemateri terakhir Asdar menyampaikan tentang Science, technology, Engineering, Mathematics (STEM) sebagai metode dan solusi pembelajaran matematika secara daring.

“STEM bukan mengelompokkan bidang kajian, tetapi bersifat perpaduan dan merupakan pendekatan yang holistik dalam memecahkan suatu masalah,” ujarnya.

“Perpaduan ini berada dalam proses menyiapkan generasi muda sebagai bekal menghadapi perubahan teknologi ke depan,” lanjutnya.

Sebelum rangkaian acara seminar online ini dimulai, Sabri selaku perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan secara resmi membuka kegiatan GEOMETRI 2020.

Dalam sambutannya, Sabri memberikan apresiasi kepada HMJ Matematika FMIPA UNM yang telah mengadakan kegiatan GEOMETRI ini sebagai wadah penyaluran kreatifitas siswa di masa berlangsungnya pembelajaran online akibat pandemi.

“Kegiatan GEOMETRI ini melihat kreatifitas anak-anak sehingga dapat mengatasi kebosanan mereka dalam pembelajaran daring. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Sulawei Selatan sangat mengapresiasi kegiatan ini,” tuturnya.

Ketua panitia GEOMETRI 2020, M. Asrul Reza Rusli sangat berharap GEOMETRI tahun ini bisa menjadi pelajaran dan contoh yang baik untuk GEOMETRI kedepannya.

“Semoga GEOMETRI tahun ini, bisa menjadi contoh yang baik untuk GEOMETRI tahun berikutnya,” ucapnya. Berita Medan, red