Mahasiswa KKN UNIMAL Bersama Masyarakat Desa Sido Makmur Ciptakan Hidup Sehat dan Bersih di Era New Normal

Mahasiswa KKN UNIMAL Bersama Masyarakat Desa Sido Makmur Ciptakan Hidup Sehat dan Bersih di Era New Normal
Mahasiswa KKN UNIMAL Kelompok 069 di Desa Sido Makmur, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

MUDANEWS.COM, Langkat – Corona Virus Disease 19 (COVID-19) belum juga menghilang dari muka bumi, Virus ini terus menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga saat ini korban-korban terus bertambah tidak terkecuali Negara Republik Indonesia.

Universitas Malikussaleh sebagai salah satu Universitas di Indonesia yang peka terhadap fenomena yang di alami oleh masyarakat dunia terkhusus negara Indonesia mencoba untuk memberdayakan sumber daya manusianya agar ikut serta mencegah dan memerangi virus corona yang sedang melanda dunia ini.

Tepat pada tanggal 19 Oktober 2020 Mahasiswa KKN Angkatan ke XXVIII Dilepas untuk melaksanakan Poin ke tiga Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian.

Kali ini Mahasiswa KKN Kelompok 069 dengan skema pencegahan penyebaran COVID-19 di Desa Sido Makmur, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, dengan mengangkat tema “Penguatan Peran Masyarakat Dalam Pencegahan dan Adaptasi Menghadapi Wabah COVID-19 bersama Mahasiswa/I Universitas Malikussaleh di Desa Sido Makmur”.

Untuk mencapai tujuan agar perkembangan wabah tersebut menurun, Kelompok KKN 069 yang terdiri dari Irfan Afriansyah (Ilmu Politik), Dhea Rizki Aulia (Ekonomi Pembangunan), Adil Nurkholis (Ilmu Hukum), Rika Afrilia Lestari (Manajemen) dan Edyanta (Akuntansi), serta di bawah bimbingan bapak DR Adi Setiawan ST MT mencoba untuk membuat beberapa program agar masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan dan menjaga kebersihan.

Dengan program unggulan seperti:

  1. Gerakan 1000 Masker
  2. Pembuatan Jamu Anti Corona
  3. Pembuatan Hand Sani Taizer Alami dan
  4. Penambahan Fasilitas Pencegahan COVID-19.

“Agenda yang telah disepakati dalam jangka waktu satu bulan antara pihak desa dan mahasiswa KKN Unimal ini diharapkan dapat berjalan baik dan lancar dengan kontribusi masyarakat yang kompak agar tercapainya tujuan bersama dalam pencegahan dan adptasi masyarakat terhadap situasi COVID-19 yang sedang melanda negeri kita,” tutur Irfan Afriansyah selaku Ketua KKN Kelompok 069 dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10).

Dalam hal ini, aparatur Desa Sido Makmur yang diwakili Junaidi selaku Sekertaris Desa berharap kepada Mahaiswa KKN Unimal agar dapat menciptakan hal baru di situasi pandemi.

“Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, baik itu SDA maupun SDM nya, sehingga masyarakat menerima serta antusias dalam hal menciptakan kehidupan yang sehat dan bersih terutama di Desa Sido Makmur,” ujar Junaidi.

Sementara itu, Edyanta selaku anggota KKN Kelompok 069 mengatakan “Ini bukan persoalan siapa yang bisa atau tidak bisa, ini bukan persoalan siap atau tidak siap, namun ini persoalan kemanusian yang hari ini sedang melanda Indonesia bahkan dunia,” kata Edyanta.

“Semua aspek masyarakat harus ikut membantu memberantas wabah ini walau sekecil apapun yang dilakukan, itu adalah hal berharga untuk membantu masyarakat yang hari ini banyak terkena dampak dari virus COVID-19, baik itu dari segi kesehatan maupun perekonomian,” ujarnya.

“Untuk pemerintah, harus berani mengambil kebijakan yang tegas serta represif untuk penanganan wabah ini agar tidak semakin meluas dampaknya bagi negara dan masyarakat,” tegas Edyanta.

Dengan demikian, Mahasiswa KKN Unimal Kelompok 069 yang terdiri dari berbagai fakultas seperti Fakultas ISIP, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki tanggung jawab lebih sebagai mahasiswa untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi nya.

Mahasiswa KKN Unimal Kelompok 069 juga berharap  agar masyarakat Desa Sido Makmur dapat bersinergi kepada mahasiswa KKN Unimal, sehingga tujuan menciptakan kehidupan yang sehat dan bersih dapat berjalan dengan baik bahkan mampu menciptakan pola baru dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Berita Langkat, red