Dinas Pendidikan Sergai, Gelar Anugerah Inovasi Pendidikan

Dinas Pendidikan Sergai, Gelar Anugerah Inovasi Pendidikan
Pjs Bupati Sergai, Ir H Irman MSi didampingi Kadisdik Drs Joni Walker Mqnik MM dan Ketua DWP Disdik, Ny Jumia Ningsih Walker Manik menyerahkan penghargaan kepada para sekolah peraih  anugerah inovasi kategori sekolah inovatif tingkat SD, Sabtu (17/10/2020). 

MUDANEWS.COM, Sergai – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) Sumatera Utara menggelar anugerah inovasi pendidikan bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Seirampah, Sabtu (17/10/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri Pjs Bupati Ir H Irman MSi, Asisten I Hj Nina Deliana, Kepala Bappeda Hj Prihatinah, Kadis Poraparbud Sudarno, Kadis Lingkungan Hidup Panisean Tambunan, Kadis Kominfo H Akmal, Sekretaris Dewan Pendidikan Abdul Firman beserta Murti Anugrah, Ketua DWP Disdik, Ny Jumia Ningsih Walker Manik, Direktur TMC Indonesia, Taslim Moeis, Sekretaris dan para Kabid serta kasubbag jajaran Disdik Sergai.

Selain itu, kegiatan juga diikuti secara virtual oleh Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Ir Hendarman MSc PhD, Ketua DPRD Sergai dr Riski Ramadhan Hasibuan serta para kepala sekolah, baik SD maupun SMP se-Sergai.

Pjs Bupati menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan kerja cerdas jajaran Disdik Sergai memberikan apresiasi kepada insan pendidikan yang dikemas dalam anugerah inovasi pendidikan”,

“Bangga dan salut kepada jajaran Disdik yang mengemas acara anugerah inovasi pendidikan ini dengan begitu baik,” ungkapnya.

Irman berharap ke depannya, kegiatan tersebut dapat ditingkatkan lagi, karena pendidikan adalah salah satu prioritas nasional yang juga menjadi prioritas di Kabupaten Sergai.

“Saya yakin, kekompakan yang sudah ada selama ini akan terus berlanjut, sehingga melahirkan program dan murid-murid yang berkualitas yang memiliki daya saing. Ke depan tidak cukup hanya pintar mengalahkan yang bodoh, yang kaya mengalahkan yang miskin, yang cepat mengalahkan yang lambat. Namun harus dibarengi dengan kualitas. Orang yang cepat dan berkualiatas akan memiliki daya kompetitif yang kuat dan mampu bersaing dalam situasi apapun,” tegasnya.

Tidak lupa, Pjs bupati juga mengingatkan jajaran Disdik Sergai agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Selain itu, dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada, dia juga menekankan netralitas aparatur sipil negara (ASN).

“Sebagai ASN kita wajib menjaga netralitas agar Pilkada berlangsung dengan baik untuk menghasilkan pemimpin terbaik demi kemajuan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ke depan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Pusat Penguatan Karakter Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Ir Hendarman MSc PhD melalui virtual mengatakan bahwa anugerah inovasi pendidikan yang dilaksanakan jajaran Disdik Sergai ini dapat dijadikan contoh bagi daerah lain”,

“Karena baru Disdik Sergai yang mengadakannya dan belum ada ditemukan di daerah lain,” ungkap Hendarman.

Ssbelumnya Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Drs Joni Walker MM dalam laporannya menyampaikan, sejak dilantik menjadi Kadis Pendidikan pada Pebruari 2014 lalu, dirinya bersama jajaran terus menggali potensi dan melakukan inovasi, serta menjalin komitmen meningkatkan pendidikan di Tanah Bertuah Negeri Beradat dengan seluruh stakeholder.

Sebagai apresiasi kepada sekolah-sekolah yang terus melakukan inovasi, lanjutnya, maka pada tahun 2018, Disdik Sergai mengemas kegiatan anugerah inovasi untuk pertama kali, dan kegiatan ini menjadi agenda rutin Disdik Sergai setiap tahunnya.

“Dalam suasana pandemi Covid-19 saat ini, dan anggaran kita kena refocussing, namun anugerah inovasi pendidikan tetap kita laksanakan, walaupun dengan penuh kesederhanaan dan berlangsung secara virtual. Inilah apresiasi yang dapat kami berikan kepada  insan-insan pendidikan agar terus berkarya dengan melakukan inovasi demi dunia pendidikan dan masa depan generasi muda Tanah Bertuah Negeri Beradat,” pungkas Joni Walker Manik.

Adapun anugerah inovasi pendidikan untuk kategori sekolah inovatif tingkat SD diraih SD 101956 Sukaramai Kecamatan Pantaicermin, disusul SD 106450 Cinta Air Kecamatan Perbaungan dan SDN 105361 Seijenggi, Kecamatan Pantaicermin. Sedangkan untuk Tingkat SMP diraih  SMPN 1 Perbaungan disusul SMPN 3 Tanjungberingin dan SMPN 2 Pegajahan.

Anugerah inovasi pendidikan untuk kategori sekolah inspiratif tingkat SD diraih SDN 101983 Kotarih Kecamatan Kotarih, SDN 104305 Pergulaan Kecamatan Seirampah, SDN 105434 Kedai Damar Kecamatan Tebingtinggi, SD Inpres Nagaraja Kecamatan Sipispis dan SDN 106215 Rampah Estate, Kecamatan Seirampah. Untuk tingkat SMP diraih SMPN 2 Telukmengkudu, SMPN 2 Satu Atap Pantaicermin dan SMPN 3 Satu Atap Pegajahan

Sedangkan untuk kategori koordinator wilayah (Korwil) kecamatan terinspiratif, secara berurutan diraih Korwil Tanjungberingin Henci Br Siregar SE, Korwil Seirampah Riana Sihombing, Korwil Sipispis Ramnah Sinaga, Korwil Pantaicermin Maryam, serta diikuti Korwil kecamatan lainnya. Berita Serdang Bedagai, Dodi Kurniawan