Belajar Bahasa Inggris Melalui Blog di Masa Pandemi COVID-19

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia memberikan beberapa dampak negative untuk kehidupan kita. Mulai dari diliburkannya perkantoran, karyawan pada di PHK karena perusahaan tidak dapat membayar gaji mereka, sekolah-sekolah di liburkan begitupun dengan kampus-kampus termasuk kampus saya yang biasa di kenal dengan UIN-SU Medan.

Banyak dampak dari diliburkannya kampus-kampus pada saat pandemi seperti sekarang, mahasiswa harus belajar lewat daring, bahkan melakukan semua kegiiatan yang harusnya dilakukan di lapangan harus melalui daring seperti KKN yang sedang dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi UIN-SU Medan Semester VI ini. Mereka terpaksa harus melakukan KKN dari rumah agar tidak tertular atau menularkan Covid-19 yang sedang mewabah di Negara kita saat ini.

Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, tidak menjadi alasan untuk kita malas belajar, khususnya belajar bahasa Inggris. Karna dengan adanya kemajuan tekhnologi di masa sekarang, kita bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Seperti melalui blog-blog yang tersedia di Internet. Nah pada artikel ini saya akan merekomendasikan blog yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita.

RealLife

Situs RealLife ini sangat cocok untuk pemula, menengah dan yang sudah mahir berbahasa sekalipun. Proses belajar di situs ini berupa penjelasan melalui video, podcast dan blog. Informasi yang di sampaikan sangat update, padat dan ringkas. Setiap penjelasan dibuat se mudah mungkin agar mudah di pahami oleh pembelajar. Blog pada situs ini terdiri dari beberapa kategori seperti grammar, slang words, daily words, dan tips fluensi.

My English Teacher.eu

Situs ini dijamin akan menarik minat para pembaca sejak awal membukanya. Blog bahasa Inggris ini memiliki penempatan materi yang tepat dan menarik sehingga enak untuk di baca. Sangat banyak jenis artikel yang tersedia di situs “My Engliah Teacher.eu” ini. Situs blog ini memahasa semua bagian yang ada dalam bahasa Inggris seperti grammatical, vocabulary, spelling, idiom dan kesalahan umum yang sering terjadi ketika berbicara dengan bahasa Inggris. Penyampaian materi disampaikan dengan kualitas yang bagus seperti grafis yang berkualitas tinggi yang dapat menarik dan menghibur pembaca. Blog ini sangat cocok untuk pemula dan bisa jadi penyegaran untuk yang sudah mahir berbahasa Inggris.

Rolls off the Tongue

Jika kalian biasanya sangat bosan saat belajar, apalagi belajar bahassa Inggris yang riber menurut sebagian orang, situs ini sangat cocok untuk kalian. Rolls of the Tongue ini merupakan sebuah blog bahasa Inggris yang menyampaikan materi-materi bahasa Inggris dengan lelucon yang membuat kita tertawa saat membacanya.

English With Jo

Blog ini merupakan blog yang kaya akan informasi, seperti bahasa Inggris tentang bisnis, phrasal verb, vocabulary dan lain sebagainya. Penulisan materi pada blog ini sangat tertata rapi sehingga memudahkan pembaca dalam memahami isi dari blog ini. Selain dengan tulisan “English With Jo” juga menyampaikan materi lewat video yang menarik. Artikel akan dibagi kedalam beberapa bagian singkat yang diwalai dengan tema artikel, paragraph tentang idiom dan ungkapan lainnya. Serta di akhir akan di akhiri dengan pertanyaan dengan mengugunakan kata kunci frasa yang disebutkan dalam teks.

FluentU

Nah yang terakhir ini bukan berupa blog, namun sangat recommended buat kalian yang ingin belajar bahasa Inggris dari rumah tanpa adanya guru. FluenU merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang dapat diakses melalui play store maupun appstore. Ada banyak video bahasa Inggris pada aplikasi ini, terdapat teks interaktif disetiap videonya. Kalian dapat melihat gambar, defenisi atupun contoh kalimat dari teks yang kalian ketuk. Terdapat banyak contoh disetiap kata yang tertera dalam video. Belajar bahasa Inggris melalui aplikasi FluentU menjadi lebih menyenagkan dan tidak membosankan.

Penulis : Santri Malinda Pratiwi (Mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN-SU Peserta KKN-DR 2020)

- Advertisement -

Berita Terkini