Apa Saja yang Ada di Dalam Bahasa Inggris? Mana yang Harus Dipelajari Pertama Kali?

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Tidak sedikit orang yang menganggap bahasa Inggris itu pelajaran yang sulit dan susah dimengerti. Padahal kenyataannya belajar bahasa Inggris tidak sesulit yang kita bayangkan. Dari berbagai cerita, alasan orang masih sulit dalam bahasa Inggris adalah kebingungan dalam menyusun tata bahasa, kurangnya pengetahuan kosakata dan malu tidak lancar atau salah dalam pelafalan. Disini akan kita kupas tuntas apa-apa saja yang ada didalam bahasa Inggris dan apa yang harus dipelajari pertama kali saat belajar bahasa Inggris.

1. GRAMMAR (Tata Bahasa)

Sama seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga mempunyai aturan tata bahasa. Grammar dalam bahasa Inggris terkait dengan penggunaan kelas kata (part of speech). Part of speech inilah yang wajib kamu pelajari pertama kali dalam bahasa Inggris, diantaranya: Pronoun (kata ganti), Noun (kata benda), Verb (kata kerja), Adjective (kata sifat), Adverb (kata keterangan), Preposition (kata depan) dan conjunction (kata hubung). Delapan bagian kelas kata ini, merupakan dasar pelajaran bahasa Inggris. Pasti kamu sudah pernah mendengar/mempelajari pronoun, noun, dan verb di masa SD atau MI kan. Grammar menjadi pondasimu dalam komunikasi tulis dan lisan dalam bahasa Inggris.

2. TENSES

Penggunaan kata kerja bahasa Inggris mengikuti aturan waktu (tenses). Dalam tenses, yang bisa berbeda adalah bentuk kata kerja dan kata keterangan waktu. Secara umum, tenses dibedakan menjadi 4, yaitu present (sekarang), past(lampau), continous (sedang berlangsung) dan future (masa depan), tapi jika dikhususkan ke bagiannya, jumlah tenses ada 16.

Mendengar/menghafal 16 tenses ini mungkin rumit karena setiap tenses memiliki rumus masing-masing. Tips agar mudah mempelajari tenses, kamu pelajari dahulu yang 4 dasar tenses: present, past, continous dan future. Mungkin di sebagian orang kuat untuk menghafal rumus, tapi itu tidaklah mudah. Jadi saran saya, jangan terlalu fokus untuk menghafal rumus, kamu hanya harus tau aturan kata kerja pada 4 tenses dasar tersebut. Misalnya: present menggunakan kata kerja 1, past menggunakan kata kerja 2, future menggunakan kata kerja 3 dan continous menggunakan kata kerja 1+ing.

3. VOCABULARY (Kosakata)

Setelah paham tentang kosakata dan aturan penyusunan kalimat, kamu membutuhkan banyak vocabulary (kosakata) agar bisa menulis dan berbicara lancar. Sangat banyak cara untuk memperkaya kosakata bahasa Inggrismu. Kamu bisa melakukannya dengan menonton film, mendengar lagu, dan membaca buku dalam bahasa Inggris. Awalnya memang kamu perlu subtitle bahasa Indonesia, dan mencatat kosakata asing yang baru kamu dengar, cara ini cukup efektif memperkaya kosakata mu.

4. SKILLS (Keterampilan)

Skills atau keterampilan utama bahasa Inggris ada 4, yaitu: listening, speaking, reading dan writing. Listening dan reading termasuk receptive skills, karena kita hanya secara pasif menerima dan mencerna informasi. Sementara speaking dan writing adalah productive skills. Kita menggunakannya secara aktif dengan menyampaikan dan informasi secara lisan dan tulisan. Mempelajari 4 skill ini dapat meningkatkan vocabulary-mu juga.

Untuk mengasah skill listening, kamu bisa menonton film atau youtube berbahasa Inggris. Sama seperti langkah nomor 3 diatas, kamu bisa menggunakan/mengaktifkan subtitle di youtube atau film bahasa Inggris yang kamu tonton. Kamu juga bisa sekalian belajar reading dan cara pengucapan (pronunciation) dengan cara ini. Mendengarkan musik dan podcast bahasa Inggris juga cara yang ampuh untuk belajar listening.

Skill reading bisa kamu pelajari dengan membaca buku favoritmu atau novel dalam bahasa Inggris. Kamu juga bisa baca berita, koran, komik dan webtoon dalam bahasa Inggris. Tinggal kamu pilih saja kamu suka baca apa, tapi harus cari yang bahasa Inggris ya. Dari bacaan itu, jika kamu menemukan kosakata yang sulit, kamu harus cek kamus lalu catat arti dan maknanya dalam penggunaan kalimat yang kamu baca. Harus punya kamus ya, download di playstore aplikasinya.

Writing ini bisa dibilang gampang bisa juga dibilang susah. Kamu harus punya basic grammar, tenses dan vocabulary yang cukup untuk menulis dalam bahasa Inggris. Tapi tidak ada yang terlalu sulit kan jika tidak dicoba. Mulailah dari berlatih buat caption atau menulis diary dalam bahasa Inggris. Download aplikasi cek grammar di playstore seperti Grammarly agar kamu bisa menulis dengan baik dan benar.

Mengasah skill speaking kamu jangan takut salah pengucapan atau takut salah grammar. Kamu hanya perlu menyampaikan informasi yang dapat dipahami oleh pendengar. Carilah teman berlatih, kamu bisa berkenalan dengan orang luar negeri melalui media sosial mu. Jika tidak punya teman atau malu untuk memulai percakapan dengan oranga asing, kamu berbicara sendiri saja dalam bahasa Inggris atau bicara dengan hewan peliharaanmu. Intinya jangan takut salah, jangan malu. Belajar adalah dari tidak bisa menjadi bisa, Semangat!

About me:
Hi! My name is Rahmawiyah. You can call me wiya. I’m a student in State Islamic University of North Sumatera. This article for KKN-DR individual task about English. I hope this article useful for us, Thank you!

- Advertisement -

Berita Terkini