Jangan Tunda Belajar Bahasa Inggris! Ini Alasannya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Ada pepatah pernah mengatakan “Dengan menguasai bahasa, maka dunia berada di genggamanmu”. Benar saja, maksud dari pepatah tersebut adalah jika kita menginginkan untuk menguasai segala informasi yang tak terbatas dari seluruh penjuru dunia, maka kita perlu untuk menguasai berbagai bahasa dunia itu pula.

Maka, bahasa Inggris (English) menjadi salah satu bahasa yang sangat mutlak perlu untuk dipelajari, mengapa demikian? Karena saat ini arus informasi global telah berkembang semakin pesat sejak adanya kemudahan dalam penggunaan internet.

Beragam informasi dan pengetahuan lebih mudah ditemukan dengan internet, dan yang menjadi sorotan saat ini adalah bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional dan menjadi bahasa yang paling banyak dimengerti oleh penduduk di muka bumi ini, menjadi satu satunya bahasa yang memiliki minat paling banyak untuk dipelajari baik secara offline maupun online di masa pandemi ini. Saat ini bahasa Inggris telah memegang banyak peran penting dalam era global mulai dari pendidikan, teknologi, ekonomi, komunikasi, hukum, pariwisata dan lainnya.

Ada begitu banyak alasan tentunya, mengapa kita harus belajar berbahasa Inggris. Namun sayang, beberapa orang yang memiliki keterbatasan penguasaan bahasa menjadikannya kendala untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Tidak sedikit dari mereka yang beralasan bahwa mereka tidak mampu untuk mempelajari bahasa Inggris dan banyak dari mereka juga yang ragu mempelajarinya karena tidak mengetahui tujuan yang jelas dari mempelajari bahasa ini.

Maka dari itu, perlu adanya motivasi yang ditanamkan di dalam diri seseorang yang akan mempelajari bahasa ini. Motivasi menjadi suatu hal yang penting bagi setiap orang untuk melakukan atau mempelajari sesuatu. Dengan memiliki motivasi dan keinginan yang kuat maka seseorang dikatakan sudah dapat memahami apa tujuannya dalam melakukan suatu hal tersebut.

Pahamilah bahwa belajar bahasa Inggris itu tidaklah sesulit yang kita pikirkan. Mari kita bahas beberapa alasan mengapa kita perlu mempelajari dan menguasai Bahasa Inggris.

1. Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional

Ini adalah alasan pertama yang harus diketahui setiap orang. Bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi Internasional, karena bahasa Inggris telah menjadi bahasa resmi 53 negara yang ada di dunia. Negara-negara tersebut menghimbau kepada masyarakatnya untuk mempelajari bahasa Inggris. Bahkan beberapa negara memasukkan bahasa Inggris dalam kurikulum pendidikannya, termasuklah negara kita tercinta, negara Indonesia.

Ini dapat menjadi modal awal kita untuk memulai keuntungan dalam berbahasa Inggris, seperti memulai berkomunikasi untuk memperluas wawasan dan pergaulan kita dengan berbagai macam latar belakang masyarakat di seluruh penjuru dunia.

2. Memudahkan kita untuk menjelajahi dunia

Banyak orang pasti berkeinginan untuk berkeliling dunia. Untuk kalian yang menyukai kegiatan travelling ke berbagai negara, bukan hanya biaya yang menjadi modal untuk berkeliling dunia, akan tetapi bahasa juga menjadi sebuah kewajiban untuk kalian persiapkan. Sebagai bahasa global, bahasa Inggris tentu menjadi bahasa yang umum digunakan di berbagai negara.

Maka, inilah yang menjadikan alasan mengapa kita perlu mempelajari bahasa Inggris. Dengan begitu, keinginan kamu untuk berkeliling dunia juga tidak setengah-setengah. Kamu bisa dengan mudah berkomunikasi dengan penduduk tempat tujuan negara yang kamu kunjungi, dan kamu bisa merasakan aman untuk berlibur karena kemampuan berbahasa Inggris kamu.

Coba bayangkan bagaimana rasanya berlibur akan tetapi kamu hanya bermodalkan bahasa ibu kamu (selain bahasa Inggris)? Ribet dong, kamu harus menyewa penerjemah dan mungkin harus membawa kamus atau membuka aplikasi terjemahan kemana-mana hanya untuk mengerti bahasa ini. Maka, belajarlah bahasa Inggris, dan nikmatilah berlibur dengan rasa aman ke berbagai negara yang kamu inginkan.

3. Bahasa Inggris berperan untuk meningkatkan karier

Sama seperti pembahasan di atas mengenai bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, yaitu bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling sering digunakan dan umum di seluruh dunia, termasuk digunakan dalam berbagai bidang seperti pada bidang pendidikan, hukum, teknologi, pariwisata dan lainnya.

Dari faktanya, kita mengetahui bahwa di berbagai bidang tersebut, mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Inilah yang menjadikan alasan mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat penting dan sangat diperlukan dalam dunia kerja. Dengan menguasai bahasa Inggris, seseorang akan mendapatkan setidaknya nilai unggul yang menguntungkannya dalam mengembangkan karirnya di dunia kerja.

Kemampuan berbahasa Inggris yang kita miliki dapat dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi dengan perusahaan-perusahaan dari berbagai bidang yang telah disebutkan di awal. Kemampuan berbahasa Inggris ini juga dapat meningkatkan kesempatan atau peluang kita dalam mencari perkerjaan, seperti yang kita ketahui bahwa sekarang banyak perusahaan-perusahaan asing yang menilai kemampuan berbahasa Inggris seseorang dalam persaingan dunia kerja Internasional.

Nah.. buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan dan mencari pekerjaan baik di perusahaan multi nasional ataupun pekerjaan lainnya diluar negeri, ayo tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu!

4. Melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Sudah pernah mendengar tentang sertifikat TOEFL? Ya, TOEFL atau Test of English as a Foreign Language awalnya adalah sebuah tes berbahasa Inggris yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris ketika kita akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Semakin berkembangnya waktu, sertifikat TOEFL menjadi semakin penting. Siapa sangka bahwa tes ini sudah menjadi standart Bahasa Inggris Internasional” yang tidak hanya memberikan peluang untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi tetapi juga dapat membuka peluang untuk bekerja di dalam atau diluar negeri.

Maka, sudah tidak asing lagi kita mendengar bahwa kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi salah satu syarat belajar ke sekolah-sekolah di luar negeri. Jika kita ingin melanjutkan studi ke luar negeri, tentu bahasa Inggris akan menjadi syarat mutlak untuk masuk ke suatu instansi pendidikan disana. Nah, dengan alasan ini maka kamu sebaiknya mulai belajar bahasa Inggris agar nanti kamu tidak kewalahan dalam mengikuti tes-tes berbahasa Inggris, karena akan ada banyak kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke sekolah-sekolah yang bergengsi di luar negeri, selain itu kamu juga dapat memenuhi kebutuhan akademismu di sekolah.

5. Meningkatkan pengetahuan dalam ruang lingkup global

Di era yang berkemajuan, tentu informasi atau pengetahuan apapun menjadi sangat mudah untuk di akses. Kemajuan-kemajuan tersebut meliputi berbagai media yang berperan di dalamnya. Bagaimana kita melihat kemajuan teknologi sekarang ini, pastinya sudah semakin canggih bukan? Seperti halnya berbagai industri hiburan dan berbagai media internasional lainnya, mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Begitu juga dengan kemajuan teknologi terbaru dari komputer, gadget dan alat teknologi lainnya diketahui menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk memberikan petunjuk para penggunanya. Internet juga mendapatkan dampak dari kemajuan global ini, dari seluruh hal yang terdapat di dalam internet adalah menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa memperhatikan mulai dari search engine, website-website dan opsi-opsi lainnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Melalui media internet ataupun buku, kita dengan mudah dapat mempelajarinya dengan baik. Saat ini ada begitu banyak buku-buku yang menggunakan bahasa Inggris, bahkan jurnal-jurnal ilmiah terbit menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, kesimpulannya adalah jika kita menguasai bahasa Inggris, tentu sangat membantu kita untuk membuka cakrawala keilmuan yang lebih luas. Kita dapat mengikuti perkembangan teknologi dengan mudah, dan dengan menguasai bahasa Inggris akan lebih memudahkan kita untuk menyerap informasi dan ilmu pengetahuan dari seluruh penjuru dunia.

Itulah beberapa alasan yang dapat menguatkan kita untuk terus belajar bahasa Inggris, dan alasan-alasan di atas akan menjadi motivasi untuk kamu yang mungkin menyerah, atau ragu untuk mempelajari bahasa Inggris.

Di situasi pandemi saat ini, mungkin membuat banyak orang di luar sana berhenti untuk belajar, akan tetapi belajar bahasa Inggris dapat dilakukan dimana saja, oleh siapa saja, dan kapan saja. Kamu bisa tetap produktif di dalam rumah, lho! Ada begitu banyak platform belajar bahasa Inggris interaktif yang dapat kamu gunakan sebagai media pembelajaran kamu dirumah. Jadi, tidak ada alasan buat kamu berhenti untuk belajar bahasa Inggris dan mengasah kemampuanmu ya teman-teman.

Mulailah berpikir bahwa belajar bahasa Inggris itu adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan mempelajari bahasa Inggris, secara tidak langsung kita juga mempelajari suatu budaya baru yang dapat membantu kita dalam berhadapan dengan Global Community. Untuk memulai mempelajari sesuatu, kamu harus mempunyai semangat dan niat untuk terus belajar. Mulailah membulatkan tekad untuk belajar bahasa Inggris, dan menghargai setiap prosesnya, proses bagaimana kamu berusaha untuk mencapai sesuatu. Jangan pernah berhenti belajar ya!

Penulis : Ema Elviani Sinulingga (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan)

- Advertisement -

Berita Terkini