Kreativitas Guru Bahasa Inggris dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Saat ini dunia sedang dilanda suatu virus baru yang cukup menular dan mematikan. Infeksi virus Corona atau yang sering disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019.

Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Virus ini pun memaksa kehidupan sosial harus berubah, termasuk metode pembelajaran. Selama ini, pendidik berkutat pada metode pembelajaran konvensional, yaitu tatap muka di kelas antara guru dengan siswa atau dosen dengan mahasiswa. Proses pembelajaran, diskusi, tanya-jawab, dan bimbingan semua berlangsung tatap muka. Sekarang harus menggali diri kepada metode belajar dalam jaringan atau disingkat daring (online).

Selama pandemi Covid-19, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memberlakukan sistem pembelajaran daring terhadap seluruh sekolah di Indonesia dimulai dari tingkat terendah sampai ke jenjang perguruan tinggi. Proses pembelajaran online seperti itu memang masih memiliki banyak kekurangan ataupun hambatan.

Di samping itu, kondisi pendidik maupun siswa terutama di Indonesia memang belum terbiasa menerapkan sistem pembelajaran online seperti saat ini, sehingga masih butuh beradaptasi lagi. Penerapan sistem pembelajaran online yang mendadak seperti saat ini menjadi guncangan bagi para pendidik dan peserta didik. Akibatnya, kegiatan pembelajaran pun menjadi tidak efektif.

Ada beberapa hal yang menyebabkan proses pembelajaran daring ini tidak efektif.

  • Pertama adalah kuota yang terbatas, ini sangat berdampak bagi kelancaran proses pembelajaran online yang sedang berlangsung.
  • Kedua adalah sinyal dan jaringan, beberapa siswa yang tinggal di daerah pedalaman kerap kali mengalami kesulitan atau masalah saat mengakses internet karena sinyal atau jaringan yang kurang memadai, hal tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap terlaksananya pembelajaran online.
  • Ketiga adalah penyampaian materi pelajaran yang tidak detail seperti biasanya, guru lebih banyak memberikan tugas daripada penjelasan materi dikarenakan waktu yang terbatas atau kondisi lainnya, intinya mengganti materi pelajaran dengan memberikan tugas-tugas menjadi solusi yang praktis bagi sebagian besar guru.
  • Keempat adalah jadwal pembelajaran yang tidak menentu atau berubah-ubah, berbeda jika siswa sekolah tatap muka seperti biasa yang jadwalnya sudah ditetapkan dan jelas, hal tersebut membuat siswa bingung dan minat belajar akan menurun.
  • Kelima adalah beberapa guru pada beberapa mata pelajaran tidak menerapkan proses pembelajaran online (daring) tersebut, sehingga siswa pun tidak menerima materi pembelajaran seperti yang seharusnya secara keseluruhan, hal tersebut akan sangat mempengaruhi kemampuan kognitif siswa.
  • Keenam adalah sebagian besar guru memberikan tugas yang lebih banyak dari biasanya dengan tingkat kesulitan diatas rata-rata, sehingga siswa akan bergantung pada internet dalam mengerjakan tugas, hal tersebut menyebabkan siswa menjadi malas membaca buku pelajarannya karena hanya mengandalkan jawaban yang ia dapat dari internet.

Oleh sebab itu, peran orang tua sangat diperlukan dalam membimbing anaknya mengerjakan tugas dan aktivitas selama menjalani pembelajaran online dirumah meskipun si anak sudah berada di fase usia remaja.

Namun meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa keefektifan mungkin bisa diperoleh apabila tenaga pendidik memiliki kreativitas yang baik dalam mengelola sistem pembelajaran daring dan mampu menyesuaikan diri terhadap peserta didik dengan cara menciptakan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi yang ada, bertanggungjawab dan profesional, termasuk guru bidang studi Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di seluruh jenjang pendidikan. Guru Bahasa Inggris harus kreatif dan mampu menciptakan proses pembelajaran daring yang menyenangkan bagi anak didik.

Ada banyak aplikasi yang mendukung pembelajaran Bahasa Inggris, misalnya duo lingo. Aplikasi tersebut berguna untuk meningkatkan keempat skill dalam Bahasa Inggris yaitu, listening, speaking, reading, dan writing. Aplikasi tersebut akan memudahkan guru Bahasa Inggris untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak didik dalam kegiatan pembelajaran daring melalui perantara aplikasi zoom, jitsi meet, dan sebagainya.

Guru Bahasa Inggris juga dapat menggunakan aplikasi Word Puzzle untuk mengajar vocabulary dan masih banyak aplikasi pendukung pembelajaran Bahasa Inggris lainnya. Penggunaan aplikasi pembelajaran seperti itu sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran daring semasa pandemi seperti saat ini. Pemanfaatan aplikasi pendukung pembelajaran seperti itu harus lebih dikembangkan terutama semasa pandemi dan semasa pembelajaran daring seperti saat ini.

Pembelajaran yang efektif akan dapat tercapai apabila tenaga pendidik mampu beradaptasi dengan tekhnologi penunjang pendidikan dengan baik serta memiliki kreativitas dalam menciptakan proses pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pendidikan itu sendiri, sehingga anak didik mampu memperoleh ilmu atau pengetahuan yang ditransfer oleh tenaga pendidik melalui pembelajaran daring semasa pandemi.

Dengan diterapkannya sistem pembelajaran daring ini semoga kedepannya siswa maupun tenaga pendidik lebih memiliki kesiapan yang matang dan dapat bekerjasama satu sama lain dalam beradaptasi dengan sistem online agar hambatan dalam proses pembelajaran daring dapat berkurang dan bisa terlaksana dengan efektif.

Penulis : Hanifah Halim (Mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Peserta KKN-DR UIN-SU 2020 Kelompok 51)

- Advertisement -

Berita Terkini