University Of People Ala Nadiem Makarim, Mahalnya Biaya Pendidikan di Indonesia

University Of People Ala Nadiem Makarim Mahalnya Biaya Pendidikan di Indonesia
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM – Pendidikan Murah Ala Go-Jek, jika emak-emak keberatan dengan keputusan Mendikbud sebaiknya turun saja ke jalan-jalan untuk mengetuk hati para pejabat yang sedang rapat mencari dana penanggulangan bencana yang banyak diselewengkan oleh ….

Nadiem Makarim membuat keputusan visioner dengan langkah kebijakan permanenkan belajar di rumah meski Covid-19 berakhir. Sangat luar biasa cara mengedukasi pendidikan ala Go-Jek, bisa jadi Mendikbud ini akan membuka pendidikan yang murah dan meriah seperti yang sudah dilakukan Shai Resef membangun University Of People di Pasadena Amerika Serikat.

Terobosan-terobosan Nadiem Makarim dalam mendirikan Go-Jek transportasi murah membuat ekonomi bawah berkembang pesat, menggeliatnya usaha kecil yang sudah bekerja sama dengan ojek online menghadirkan pase segar.

Nadiem Makarim dan Shai Resef orang berbeda, jika Shai Resef mendirikan University Of People yang sangat murah untuk orang ingin melanjutkan kuliah namun terkendala keterbatasan dana. Maka, Mendikbud mendirikan sekolah online yang sangat memberatkan siswa dan orang tuanya.

Orang-orang yang tidak mampu akan dipaksa secara tidak langsung untuk membeli hape pintar dan kuota internet, sedangkan kewajiban siswa membayar uang gedung, seragam dan SPP serta tetek-bengeknya harus tepat waktu.

Seperti yang saya tulis alternatif pendidikan murah adalah kejar paket A, B, C … Bu Susi saja bisa menjadi menteri di era presiden Joko Widodo. Untuk orang tua yang tidak punya dana lebih untuk anaknya sebaiknya ikuti program pemerintah kejar paket yang sepi.

Sebagai rakyat jelata jika Nadiem Makarim sebagai Mendikbud melakukan terobosan visioner dalam menentukan kebijakan siswa akan tetap belajar di rumah. Apakah mampu menerapkan pendidikan murah berbasis online seperti Shai Resef?

Saya sendiri baru mendengar tentang University Of People yang sudah memiliki 20.000 siswa dan targetnya adalah 100.00, ketertarikan saat Nas Daily siarkan pendidikan murah dari Shai Resef. Seorang siswa hanya perlu mendaftar dan mengikuti ujian akhir.

Biaya pendaftaran: $60
Biaya ujian akhir jenjang sarjana: $100

University Of People sejak berdiri 2009 dan tersebar di 200 negara dan menurut situs resminya 92 persen lulusannya berhasil kerja di perusahaan Apple, Delloite, IBM, bahkan PBB dan Bank Dunia. Bukan hanya itu saja, University Of People sudah bekerjasama dengan kampus terkenal seperti Columbia University, Harvard University, University Of Edinburgh, New York University.

Tidak hanya sampai di situ saja, menurut NAS di video 1 minute … University Of People ada program beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu atau mahasiswa yang negaranya sedang terlibat konflik. Nah Nadiem Makarim sedang blunder jika belajar dari rumah tapi siswa dan orang tuanya masih harus membayar mahal untuk sebuah pendidikan, tragis!!!

Dalam Islam ada mengulas tentang keberkahan dan bermanfaatnya ilmu adalah dengan cara manqul yaitu bertemunya murid dan guru secara langsung, seperti para pendahulu Imam Syafi’i berguru pada ulama besar Imam Malik lalu ke Irak belajar ke Imam Hanafi.

Pasuruan, 4 Juli 2020
Penulis : Sayuh
Orang Ganteng Sejak Jaman Jahiliah’