UPU PTS Terbaik ke-3 di Sumut Versi Webometrics

UPU PTS Terbaik ke-3 di Sumut Versi Webometrics
Universitas Potensi Utama

MUDANEWS.COM, Medan – Mendengar sebutan Universitas Potensi Utama atau UPU mungkin merasa terasa asing dan kurang familiar bagi masyarakat umum di Sumatera Utara. Bahkan khususnya masyarakat di Medan masih jarang mendengarnya. Hal ini adalah hal biasa-biasa saja mengingat Perguruan Tinggi Swasta itu baru naik tingkatan menjadi universitas enam tahun lalu.

Sebelum menjadi universitas, PTS itu masih berbentuk sekolah tinggi dengan nama yang lebih familiar daripada nama barunya, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Potensi Utama atau sering didengar dengan sebutan STMIK Potensi Utama.

Dilihat dari sudut historisnya, sebagaimana yang dilansir dalam website Universitas Potensi Utama (UPU), PTS ini berdiri di bawah naungan Yayasan Potensi Utama Medan. Kampus ini bermula dari Kursus Komputer dan Bahasa Inggris pada tahun 1994 dengan nama Pendidikan Luar Sekolah Masyarakat (PLSM) Potensi Utama.

Kemudian PLSM ini naik status atau tingkat menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) Potensi Utama tahun 2003 berdasarkan ijin dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI). Setelah berjuang dan mengabdi dalam dunia pendidikan selama sebelas tahun, STMIK Potensi Utama pada tahun 2014 naik status atau tingkat menjadi sebuah universitas dengan nama Universitas Potensi Utama (UPU).

Dasar perubahan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor: 424/E/O/2014. Kampus ini pun hadir dengan motto: Kami Hadir Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Seluruh Program Studi di UPU pun telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kampus yang beralamatkan di Jalan KL Yos Sudarso-Medan ini, walaupun masih baru secara status universitas, prestasi dan proses pembangunannya sangat progresif, baik secara fisik maupun non-fisik. UPU juga telah banyak meraih prestasi dan penghargaan.

Hal ini sebagaimana diketahui bahwa, berdasarkan yang dilansir oleh Webometrics Ranking of World Universities 2020, UPU menjadi ranking 3 PTS terbaik di Sumatera Utara (Sumut) setelah posisi pertama diduduki oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan posisi kedua diduduki oleh Institut Teknologi Del (Politeknik Informatika Del).

Sedangkan peringkat UPU se Indonesia berada di ranking 144 dan seluruh dunia berada di ranking 6952. Sebagai PTS yang bisa dikatakan baru menjadi universitas UPU lebih tinggi rankingnya dari Universitas Medan Area (UMA), Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan PTS yang lebih tua darinya, selain UMSU dan Insitut Teknologi Del (Politeknik Informasi Del).

Webometrics Ranking of World Universities sendiri adalah sebuah sistem pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) seluruh dunia berbasis website. Webometrics percaya bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator global sebuah PT, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Indikator ini mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional hingga hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi sebuah PT.

Pemeringkatan versi Webomatrics ini dilakukan oleh Cybermetric Lab Spanyol dengan menilai lebih dari 19 ribu lembaga PT di dunia. Ada pun tujuan sistem pemeringkatan Webometrics untuk mempromosikan publikasi web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Menurut Juru Bicara Universitas Indonesia (UI) Rifelly Dewi Astuti, Webometrics menilai peringkat PT dari empat aspek, yaitu pertama aspek Presence yang merupakan jumlah halaman website dari domain utama – termasuk seluruh sub domain yang ada di PT.

Kedua aspek Visibility, merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web PT (inlinks) yang terekam oleh mesin pencari Google.

Aspek ketiga adalah Transparency atau Openness, maksudnya adalah jumlah kutipan dari 110 penulis teratas. Aspek keempat yakni Excellence or Scholar, aspek ini berkaitan dengan jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas akademika bereputasi tinggi.

Dengan peringkat 3 ini, dapat disimpulkan bahwa UPU sanga pesat perkembangannya sehingga dalam beberapa tahun setelah menjadi sebuah universitas tahun 2014. Sebuah usaha pencapaian UPU yang sungguh luar biasa. [IA]