Anggota DPRD Sumut, Desak Pempovsu Bangun SMA/SMKN di Medan Selayang

Anggota DPRD Sumut, Desak Pempovsu Bangun SMA/SMKN di Medan Selayang
Anggota Komisi A DPRD Sumut Meryl Rouli Saragih saat Reses

MUDANEWS.COM, Medan – Anggota Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara Fraksi PDI Perjuangan Meryl Rouli Saragih desak Pempovsu melalui Dinas Pendidikan Sumatera Utara mengalokasikan dana di P-APBD Sumut 2020 untuk pembangunan gedung SMA/SMK Negeri di Kecamatan Medan Selayang.

Menurut Meryl dari hasil Reses I Sidang I Tahun 2019-2020 yang lalu dirinya mengetahui bahwa Kecamatan Medan Selayang adalah salah satu Kecamatan diantara Kecamatan yang belum ada SMA Negeri nya, yang ada disana hanya sekolah SMA swasta.

“Bila sekolah SMA Swasta tentu biayanya besar dan para anak didik yang ingin melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri harus bersekolah di Kecamatan lain imbasnya orangtua terbentur dengan biaya transportasi yang mahal serta zonasi yang regionalnya berbeda dan kondisi tersebut sangat miris dan memprihatinkan,” ujar Meryl, Anggota DPRD yang Populer di kalangan Milenial ini pada Senin (10/2/2020).

Aspirasi rakyat tersebut disampaikan saat dirinya melakukan Reses I Sidang I Tahun 2019-2020, di Kelurahan Padang Bulan 2 ,Medan Selayang lalu, dimana masyarakat berharap melalui fungsi dan tugas anggota DPRD Sumut mampu mengusulkan kepada Pemprovsu agar membangun sarana pendidikan SMA Negeri di kawasan Medan Selayang karena sampai saat ini anak-anak mereka terpaksa sekolah di kecamatan lain

“Besar harapan saya agar aspirasi masyarakat dapat direspon dengan baik oleh pihak eksekutif yaitu Bapak Gubernur Sumut dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara untuk segera menyediakan sarana pendidikan SMA Negeri di Kecamatan Medan Selayang, karena memang untuk kebijakan Sekolah Menengah Tingkat Atas kewenangan ada di Pemprovsu, sewaktu reses masyarakat menyatakan bahwa sudah ada tanah yang layak dijadikan lahan untuk membangun SMA Negeri, tinggal teknis dan kebijakan pemerintah bagaimana agar SMA Negeri tersebut dapat di dirikan di Kecamatan Medan Selayang,” jelasnya.

Selanjutnya Anggota DPRD yang berasal dari Dapil Medan II ini menjelaskan kenapa dirinya ngotot untuk mengusulkan hal tersebut karena pendidikan di tingkat SMA Negeri sangat menentukan masa depan anak-anak, sehingga sangat dibutuhkan berdirinya SMA Negeri di setiap Kecamatan guna memudahkan para generasi muda bangsa meneruskan tingkat pendidikan.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memenuhi hak-hak generasi bangsa, sudah selayaknya kita harus menyiapkan sarana sekolah mereka untuk kemudahan dan kenyamanan dalam menuntut ilmu. Jangan sampai mereka kesulitan mengenyam pendidikan karena sarana dan prasarana yang kurang. Apalagi Presiden Jokowi pada masa kepemimpinannya saat ini sangat fokus pada pengembangan SDM, riset dan inovasi,” ungkap Meryl dengan tegas. Berita Medan, red