UMSU dan UNMUHA PTS Terbaik di Sumut dan Aceh Versi Webometrics

UMSU dan UNMUHA PTS Terbaik di Sumut dan Aceh Versi Webometrics
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Webometrics Ranking of World Universities adalah sistem pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) se-dunia berbasis website. Webometrics percaya bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator global sebuah PT, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Indikator ini mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional hingga hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi sebuah PT. Pemeringkatan ini dilakukan oleh Cybermetric Lab Spanyol dengan menilai lebih dari 19 ribu lembaga PT di dunia. Ada pun tujuan sistem pemeringkatan Webometrics untuk mempromosikan publikasi web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Webometrics Ranking of World Universities pun telah merilis daftar peringkat universitas terbaik di dunia 2020. Menurut Juru Bicara Universitas Indonesia (UI) Rifelly Dewi Astuti, Webometrics menilai peringkat PT dari empat aspek, yaitu pertama aspek Presence yang merupakan jumlah halaman website dari domain utama – termasuk seluruh sub domain yang ada di PT. Kedua aspek Visibility, merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web PT (inlinks) yang terekam oleh mesin pencari Google. Aspek ketiga adalah Transparency atau Openness, maksudnya adalah jumlah kutipan dari 110 penulis teratas. Aspek keempat yakni Excellence or Scholar, aspek ini berkaitan dengan jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas akademika bereputasi tinggi.

Dilansir dari situs resmi Webometrics, dapat dilihat ranking-ranking Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Indonesia baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Ranking tertinggi atau terbaik pun dapat urutkan lagi berdasarkan wilayah dan jenis PT.

Khusus untuk PTS di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yang beralamat di Kota Medan masuk ke dalam 100 PT terbaik di seluruh Indonesia dengan peringkat 51. Dan untuk di wilayah Sumut UMSU menjadi PT (PTN maupun PTS) terbaik kedua setelah Universitas Sumatera Utara (USU). Jika dikhususkan lagi sebagai PTS terbaik di wilayah Sumut versi Webometrics maka UMSU berada diperingkat teratas yang kemudian menyusul beberapa kampus swasta lainnya secara urutan ranking, seperti Politeknik Informatika Del, UPU, UMA, Politeknik LP3I Medan, STMIK Royal Kisaran, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, UMN Al Washliyah, Institut Kesehatan Helvetia dan Universitas HKBP Nomensen. Artinya PTS yang disebutkan tadi adalah 10 PTS terbaik di wilayah Sumut versi Webometrics.

Kemudian untuk wilayah Aceh sendiri, sebagaimana yang dilansir dalam website Webometrics sendiri, Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) masih masuk dalam kategori 100 PT terbaik di seluruh Indonesia seperti rekannya UMSU. UNMUHA ranking 99 di seluruh Indonesia. Sebagaimana UMSU menjadi PT terbaik kedua setelah USU di Sumut, UNMUHA juga menjadi PT terbaik kedua di wilayah Aceh setelah Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang mendapat ranking 21 PT seluruh Indonesia. Jika dikhususkan lagi, maka secara jenis PT-nya UNMUHA adalah PTS terbaik di wilayah Aceh. Bahkan UNMUHA berada di atas banyak PTN, seperti Universitas Malikussaleh (UNIMAL) dengan ranking 102 di seluruh Indonesia dan ranking 3 di wilayah Aceh.

UNMUHA juga menjadi peringkat pertama PTS wilayah Aceh dan dibawahnya ada Universitas Abulyatama, Universitas Serambi Mekkah (USM), STKIP BBG, Universitas Jabal Ghafur, STIKES Darussalam Lhokseumawe dan yang lainnya.

Dari rangking PT yang dirilis oleh Webometrics 2020, UMSU dan UNMUHA adalah PTS terbaik di wilayahnya masing-masing, dan terbaik kedua seluruh PT yang ada wilayahnya masing-masing. [IA]