UNIKOM Bandung, Selenggarakan Simulasi Sidang Internasional

UNIKOM Bandung, Selenggarakan Simulasi Sidang Internasional
Simulasi Sidang Internasional

MUDANEWS.COM, Bandung – Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung menyelenggarakan kegiatan Short Diplomatic Course (SDC) yaitu Reconstructive Simulation The Organization of Islamic Cooperation (OIC) Summit Meeting 2020.

Short Diplomatic Course (SDC) adalah kegiatan praktik diplomasi berupa simulasi sidang internasional pada forum multilateral seperti PBB, Asean, Uni Eropa, OKI dan Organisasi Internasional, Forum Internasional dan Regional lainnya.

Kegiatan SDC ini diikuti oleh sebanyak 40 mahasiswa semester 7 Program Studi Ilmu Hubungan Internasional UNIKOM. Pada kesempatan kali ini forum multilateral yang dipilih yaitu forum multilateral Organisasi Konferensi Islam (OKI) atau The Organization of Islamic Cooperation (OIC) yang mengangkat tema “ Promoting Regional Integration Through Tourism“.

Kegiatan SDC dibuka oleh sambutan dari Ketua Pelaksana, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra, yang merupakan Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional UNIKOM.

“Kegiatan praktik diplomasi ini bertujuan untuk mengasah softskill mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional dalam bidang diplomasi, seperti membuat draft country statement, general statement yang didalamnya mendeskripsikan upaya memperjuangkan national interest suatu negara pada forum multilateral dan kepentingan bersama,” tutur Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra, Sabtu (11/1/2020).

UNIKOM Bandung, Selenggarakan Simulasi Sidang Internasional
Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra

Sambutan acara dilanjutkan oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Hubungan Internasional (IHI) UNIKOM, Dr. Dewi Triwahyuni, S.IP., M.Si menyampaikan bahwa Kegiatan SDC merupakan bagian program kerja dan kurikulum di Program Studi Ilmu Hubungan Internasional UNIKOM yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Program ini bertujuan untuk mengasah kemampuan, menambah pengalaman dan wawasan mereka yang merupakan calon diplomat Indonesia di masa mendatang. Prodi IHI telah melaksanakan SDC sejak tahun 2006 dengan berbagai topik dan tema, namun pada tahun ini dan pertama kalinya forum multilateral OKI yaitu organisasi negara-negara Islam diangkat sebagai tema SDC,” jelas Dewi Triwahyuni. Berita Bandung, red