Tips Belajar Bahasa Inggris Anti Bosan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pendidikan –Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Berfungsi memudahkan komunikasi orang – orang dari berbagai negara. Bahasa Inggris sudah banyak dijadikan syarat untuk melamar di berbagai pekerjaan. Sehingga pemenuhan skill berbahasa Inggris sudah menjadi tuntutan bagi masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia. Namun yang menjadi masalah dalam belajar adalah kebosanan. Bosan memang bikin kita jadi malas belajar.

Mudanews punya tips belajar bahasa  Inggris Anti Bosan dari Airin. Yuk simak tipsnya.

1. Sering-sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris 

Dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, otomatis kosakata bahasa Inggris kita nambah. Caranya, dgn mndgrkan lagu tanpa melihat lirik. Siapkan buku/paper/note dan coba tuliskan liriknya sesuai yang kamu dengar, setelah itu cocokkan dengan lirik aslinya.

2. Menonton film berbahasa Inggris 

Ini juga bisa nambah kosakata, bisa kamu coba dengan menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle atau at least (setidaknya) subtitlenya dalam Bahasa Inggris. Dengan begini, skill mendengarkan kamu akan terlatih juga.

3. Belajar Melalui Situs Belajar Bahasa Asing  Banyak situs yang bisa melatih bahasa Inggris kita tanpa harus ngerasa bosan. Di situs-situs ini banyak latihan2 seperti tes kosakata, tersedianya file audio, artikel budaya daalm bahasa Inggris dan masih banyak lagi. Dijamin gak bakal bikin bosen. Rekomendasi situs belajar bahasa asing : Palabea, The Mixxer, Memrise, Babbel.

4. Mendownload Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Selain melalui situs – situs dan website tadi, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dari aplikasi belajar Bahasa Inggris. Di aplikasi ini kita bisa bertemu dengan banyak penutur asli bahasa Inggris (native) yang bisa kita ajak chatting. Rekomendasi aplikasi : Tandem, Hellotalk.

5. Mengikuti Komunitas Bahasa Inggris 

Suatu hal yang mnyenangkan kalau bisa ngumpul bareng teman – teman yang se visi atau se frekuensi sama kita, yang sama – sama suka bahasa Inggris. Nah disini kamu bisa cari dan gabung dengan komunitas – komunitas bahasa Inggris baik offline maupun online. Bisa skalian ngelatih speaking juga.

6. Mempelajari Bahasa Inggris dengan Gambar 

Mungkin cara ini akan terlihat seperti anak – anak, tapi cara ini cukup efektif untuk menguasai banyak kosakata lho guys. Dengan menggunakan gambar yang notabene memiliki banyak warna, hal ini dapat menstimulus otak untuk berpikir lebih kreatif.

7. Streaming Online Youtube atau Tonton Saluran TV Cable

Banyak channel di youtube yang bisa kamu streaming untuk belajar bahasa Inggris, dari pemula-tingkat lanjut. Nonton tv kabel juga bisa jadi alternatif lho, biasakan nonton berita dalam bahasa Inggris agar kemampuan mendengar kamu terasah.

8. Pilih Bacaan Berbahasa Inggris

Setiap waktu kalau ketemu novel, buku anak-anak, majalah, iklan di internet, email yang masuk ke spam, selama menggunakan bahasa Inggris, baca semua! Bila perlu, print dan warnai kata-kata sulit utk menambah kosakata Bahasa Inggris kamu. Ala bisa krn biasa!

9. Belajar melalui game 

Media game juga bisa sangat efektif untuk memberikan pelajaran karena kita dituntut untuk bermain sambil belajar, sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan dan tentunya gak membosankan.

10. Belajar Bahasa Inggris Melalui Humor

Pasti sangat menyenangkan kalau kita bisa belajar bahasa Inggris melalui humor, dijamin gak bakal bikin bosan apalagi ngantuk yg ada malah bikin seneng plus dapat ilmu.

11. Belajar Resep Masakan Dalam Bahasa Inggris 

Suka masak? Cara ini boleh banget dicoba guys. Bagi kalian yang hobi masak, cobalah memasak makanan yang resepnya dari buku/situs resep berbahasa Inggris. Dijamin pasti lebih seru dan tentunya membuat bahasa Inggris kamu meningkat!

12. Dengarkan Radio dan Podcast yang Berbahasa Inggris

Setelah mendengarkan lagu – lagu seperti di no. 1, kita juga bisa melatih kemampuan mendengar bahasa Inggris melalui english radio atau podcast. Ini juga cara yang ampuh untuk meningkatkan bahasa Inggris kamu guys.

13. Perhatikan Tulisan-tulisan berbahasa Inggris yg ada di Iklan (Advertisement)

Ini hal yang simple banget dilakuin guys, tiap liat papan reklame atau iklan di tv atau internet, biasakan untuk selalu mmiliki note (catatan), tulis atau ketikkan tiap kata baru dan temukan artinya di kamus.

Sekian tips dari Mudanews. Semoga bermanfaat buat menambah skill bahasa Inggris kamu. Pendidikan (Seftian)

- Advertisement -

Berita Terkini