Menteri Agama, Terkesima Lihat Pembangunan UIN-SU

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, mengapresiasi kepemimpinan Rektor UINSU Medan Prof Dr Saidurrahman MAg dalam memimpin kampus tersebut dalam kurun waktu hampir empat tahun.

“Saya mengapresiasi apa yang sudah diperbuat Pak Rektor selama memimpin UINSU. Ini luar biasa, saya bangga,” kata Menag Fachrul Razi dalam ceramahnya di hadapan 1.000-an sivitas akademika UINSU Medan yang dipusarkan di Gelanggang Mahasiswa UINSU Jalan Sutomo Ujung Medan, Sabtu (04/01/2020).

Turut hadir pada acara tersebut, Rektor UINSU Medan Prof Dr Saidurrahman MAg, para Wakil Rektor, Dekan, Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Mohammad Sabrar Fadhilah.

Menag mengaku terkesima dengan pembangunan kampus UINSU Medan yang bergitu banyak perkembangannya. Bahkan, kata dia, Kementerian Agama RI tetap memberikan dukungan penuh untuk penambahan fasilitas kampus UINSU.

Sebelumnya, Rektor UINSU menyampaikan beberapa perkembangan perkembangan kampus UINSU dalam empat tahun kepemimpinannya. Padahal, kata dia, berdirinya IAINSU sebelumn berubah menjadi UINSU merupakan IAIN perintis. Dan perkembangannya terkini menjadi baik.

“Dalam BAN PT, kita sudah memperoleh akreditasi B. Dan tahun 2021 ini, kita berbenah dan akan berjuang mendapat akreditasi A. Untuk itu kita mohon dukungan dari Pak Menteri Agama,” harap rektor.

Rektor merinci sejumlah perkembangan yang sudah dibangun di masa kepemimpinannya. Pertama, sedang dibangun tujuh kampus berstandart internasional di kawasan Medan Tuntungan. Gedung kuliah itu kini sudah 70 persen rampung penyelesaiannya.

“Kampus itu nantinya, dilengkapi asrama mahasiswa yang mewajibkan setiap mahasiswa berbahasa Arab dan Inggris,” katanya.

Kedua, lanjut rektor, UINSU juga sudah memiliki lahan 100 hektare lahan untuk persiapan pembangunan kampus kelima di Desa Sena, Batangkuis, Kabupaten Deliserdang. Progresnya saat ini, pihaknya sudah melakukan pemanjaran Rp 6 miliar dari total pembayaran Rp 40 miliar.

“Rencananya, kampus ini akan diproyek untuk pembangunan fakultas baru, seperti kedoktaran, pertanian dan teknik. Insya Allah akan sesegera mungkini terwujud,” katanya.

Rektor berharap guna mempercepat proses penyelesaian ganti rugi lahan tersebut, pihaknya mohon dukungan kepada Menteri Agama RI untuk proses tahapan pembangunan selanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Menag RI Fachrul Razi mengaku bangga dan menyambut baik sejumlah capaian yang dilakukan Rektor UINSU Saidurrahman selama memimpin UINSU Medan empat tahun terakhir. Ia memberikan apresiasi sekaligus mendukung program pembangunan kampus itu. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini