Prof Dr Runtung: Prestasi USU Selama 2019 Lampaui Target

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS, Medan – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum mengucapkan rasa syukurnya atas seluruh pencapaian prestasi dan kinerja USU yang dianggap melampaui target yang ditetapkan di 2019.

“Dari berbagai aspek yang tertera dalam kontrak kinerja Rektor USU 2019, Alhamdulillah semua sudah tercapai dan bahkan melebihi target yang dicanangkan,” kata Prof Dr Runtung.

Disebutkannya yang perlu mendapatkan perhatian saat ini adalah perlunya beberapa tindak lanjut dari seluruh prestasi yang telah dicapai, sehingga dapat terus mengalami peningkatan di tahun-tahun mendatang

Rektor menambahkan, capaian itu antara lain kenaikan peringkat USU dalam jajaran perguruan tinggi versi Kemenristek, yang pada 2018 masih di peringkat 15 klaster 2, menjadi peringkat 13 di klaster 1.

Kenaikan ini merupakan buah kerja keras seluruh unsur pimpinan dan civitas akademika USU.

Scimago sebagai salah satu institusi pemeringkatan dunia, juga telah menempatkan USU pada peringkat 1 perguruan tinggi di Indonesia, setelah pada tahun sebelumnya yakni pada 2018, USU berada pada peringkat ke 3.

Sementara pada peringkat dunia, USU berhasil menduduki peringkat 536 dari sebelumnya di peringkat 674.

Selain itu, lanjut Rektor, USU juga akan terus mendorong terjadinya peningkatan jumlah dosen bergelar doktor, dengan memotivasi para dosen yang belum bergelar doktor untuk tetap berjuang mendapatkan gelar doktor di sela rutinitas mengajarnya.

“Kami berharap pada 2020 USU dapat mencapai target untuk mengukuhkan 10 orang guru besar,” harap Prof Runtung.

Lebih jauh Rektor juga menekankan untuk penyelesaian perusahaan di bawah naungan USU, yang diharapkan tidak hanya akan menangani pengadaan barang dan jasa, namun juga dapat menciptakan sumberdaya universitas, sehingga USU tidak lagi terlalu tergantung dengan dana SPP.

“Selain itu kita juga akan melakukan berbagai hal untuk mendorong pembentukan unit-unit kerja yang bisa meningkatkan sumber daya universitas, seperti pembangunan hostel dan penyelesaian produk air minum, dan lain-lain,” kata Rektor.

Rektor juga mengimbau agar seluruh civitas akademika USU tidak cepat merasa puas dengan pencapaian yang telah diraih selama setahun ini.

Ia meminta semuanya terus bekerja keras dan berkarya dengan lebih baik lagi di 2020, agar USU dapat memperbaiki peringkatnya dan menembus 10 besar perguruan tinggi di Indonesia.

Terkait dengan adanya keputusan pemerintah yang menghapus jabatan eselon III dan IV di instansi pemerintahan, Rektor mengisyaratkan bahwa USU akan tunduk dan patuh terhadap keputusan tersebut.

Rektor menilai, kebijakan tersebut tidak akan memiliki pengaruh secara signifikan, karena akan digantikan dengan tugas-tugas fungsional.

“Kita berharap kebijakan tersebut tidak akan berpengaruh besar kepada para pegawai dan mudah-mudahan juga tidak akan mengurangi penghasilan,” ujarnya. (mn-ka)

 

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër
- Advertisement -

Berita Terkini