Dosen UMN Al Washliyah, Gunakan Media Interaktif Camat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pelaksanaan pengabdian masyarakat yang berlangsung merupakan salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh Dwi Novita Sari, S.Pd.I., M. Pd selaku dosen Pendidikan Matematika UMN Al Washliyah Medan yang dilakukan di SD Swasta Islam Uli Arga, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang.

PKM ini dilaksanakan pada hari Senin (18/11/2019) di SD IT Uli Arga Jalan Mambang Diawan V No. 08 Dusun V, Sigara Gara, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah Ibu Rida Suyatmika, S.Pd beserta Bapak dan Ibu Guru SD IT Uli Arga.

Kegiatan PKM ini mengangkat judul mengenai “Media Pembelajaran Camat Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru SD Swasta Islam Terpadu Uli Arga Desa Sigara-Gara Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara” dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan Simulasi media pembelajaran interaktif.

Sesuai Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah yang memuat tentang Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Kompetensi Inti meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Sehingga guru SD sekarang ini diwajibkan membuat media pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga meningkatkan Kompetensi keterampilan siswa dan karakter siswa dikelas.

Pembelajaran membutuhkan media sebagai sarana pembelajaran yang dapat membantu pemahaman konsep siswa yang lebih mudah. Salah satu media itu adalah Camat. Camat (Catur Matematika) adalah media pembelajaran yang dapat membantu memahami konsep Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, Pengurangan.

“Camat berfungsi untuk mengaktifkan anak dalam 3 kemampuan yaitu Kognitif untuk menghitung operasi Kulibata dengan melihat angka yang disediakan, Psikomotor dengan memasangkan angka yang ada dan membuat deretan angka seperti permainan catur biasa dan Afektif dimana siswa disini dituntun untuk bersikap sportif, bertanggungjawab dan saling menghargai,” jelas Dwi Novita Sari, S.Pd.I., M. Pd.

Menurut Dwi Novita Sari, S.Pd.I., M. Pd, dengan media ini, guru dapat memotivasi keterlibatan siswa dalam mempelajari matematika melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikannya. Siswa dapat berinteraksi dengan materi pembelajaraDosen UMN Al Washliyahn dan berkolaborasi dengan siswa yang lain didalam kelas.

“Penggunaan mDosen UMN Al Washliyahedia ini dimaksudkan sebagai sarana untuk menjadikan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centere learning). Dengan harapan minat dan semangat belajar siswa meningkat serta timbul rasa senang dalam mempelajari matematika serta terwujudnya karakter siswa,” pungkasnya. Berita Medan, Alvian

- Advertisement -

Berita Terkini