Dosen UMN Al-Washliyah, Buat Media Magic Triangle

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Dosen UMN Al Washliyah, Drs Hidayat MEd sebagai Dosen Pendidikan Matematika UMN Al- Washliyah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM ini dilaksanakan pada hari Senin (07/11/2019) lalu di SD IT Uli Arga Jalan Mambang Diawan V No. 08 Dusun V, Sigara Gara, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah Ibu Rida Suyatmika, SPd beserta Bapak dan Ibu Guru SD IT Uli Arga.

Kegiatan ini mengambil Judul PKM dari Hidayat sendiri “PPM Terampil berhitung melalui Magic Triangle di SD IT Patumbak Deli Serdang Sumatera Utara”.

“Sesuai Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah yang memuat tentang Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Kompetensi Inti meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan. Sehingga guru SD sekarang ini diwajibkan membuat media pembelajaran yang inovatif sehingga meningkatkan Kompetensi keterampilan siswa dikelas,” jelas Hidayat.

Magic Triangle (Segitiga Ajaib) satu dari sekian banyak permainan yang mengajak siswa aktif belajar menjumlahkan 3 bilangan atau lebih. Agar siswa bersemangat mulailah dari bilangan yang kecil, misalnya bilangan 1 sd 6 untuk triangle tiga. Cara bermainnya, siswa diajak menyusun 3 bilangan pada setiap sisi segitiga dan kemudian menjumlahkannya.

Lakukanlah hal ini berulang-ulang. Selanjutnya siswa diberikan tantangan, bagaimana cara menyusunnya agar jumlahnya di setiap sisi sama, dimulai dari jumlah 9. Demikian seterusnya sampai jumlah setiap sisi duabelas. Tantangan ini akan memberikan motivasi yang kuat bagi siswa.

“Jika sudah selesai dengan triangle tiga, bisa dilanjutkan dengan triangle 4 dan seterusnya. Motivasi dan tantangannya juga meningkatkan,” jelas dia.

Drs. Hidayat, M. Ed memaparkan hal itu untuk mengembangkan keaktifan siswa dalam belajar melibatkan dosen pengampu program studi PGSD.

“Kegiatan dilakukan dalam bentuk workshop dan simulasi media pembelajaran interaktif. Media ini bertujuan agar siswa bersemangat belajar berhitung,” kata Hidayat.

Ia mengungkapkan, tantangan dari magic triangle memberikan motivasi kuat bagi siswa dan jika sudah selesai dengan triangle 3, bisa dilanjutkan ke triangle 4. Berita Medan, Alvian
.

- Advertisement -

Berita Terkini