Dosen UMN Al Washliyah, Ajarkan Matematika dengan Dongeng

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Tri Dharma Perguruan Tinggi wajib dilaksanakan bagi para dosen, tak lepas pula Dosen Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah Medan yang aktif melaksanakan pengabdian masyarakat.

Ginda Maruli Andi S., S.Pd., M.Si sebagai dosen Pendidikan Matematika UMN Al-Washliyah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada hari Senin 18 November 2019 di SD IT Uli Arga, kecamatan Patumbak, Deli Serdang.

Kegiatan tersebut menarik antusiasme civitas akademik sehingga kegiatan dihadiri Ibu Kepala Sekolah Ridha Suyatmika, beserta Bapak dan Ibu Guru SD IT Uli Arga.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diisi dengan pemaparan dari kegiatan pengabdian Ginda yang khusus disampaikan pada siang tersebut, dengan judul PKM yaitu “Keterampilan Pemahaman Soal Matematika melalui Dongeng Matematika di SDIT Patumbak Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara”.

“Melalui kegiatan PKM tersebut, diharapkan dapat menambah khasanah keterampilan Bapak-Ibu Guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran didalam kelas menggunakan media sederhana dan menarik,” harap Ginda.

Dalam pemaparannya, Ginda menjelaskan bahwa media pembelajaran tidaklah harus berbentuk benda atau barang-barang yang mahal dan sulit dibuat, tetapi cerita dongeng atau mendalang bisa menjadi alternative dalam mewujudkan kelas yang aktif dan inovatif. Dongeng sudah dikenal bangsa Indonesia sejak dahulu, banyak pelajaran aau hikmah yang dapat dipetik dari sebuah ceria dongeng.

“Pelajaran matematika yang memboankan dapat dikemas dengan dongeng yang menarik dapat memancing minat siswa, siswa tidak cepat bosan, dan pelajaran dapat diserat dalam long term memory,” tambah Ginda. Berita Medan, alvian

- Advertisement -

Berita Terkini