Dosen Pendidikan Matematika UMN Al- Washliyah, Gelar Pengabdian Masyarakat

Dosen Pendidikan Matematika UMN Al- Washliyah, Gelar Pengabdian Masyarakat
Pengabdian Masyarakat

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Dosen UMN Al Washliyah, Siti Khayroiyah, S.Pd, M.Pd sebagai Dosen Pendidikan Matematika UMN Al Washliyah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM ini dilaksanakan pada hari Senin (18/11/2019) di SD IT Uli Arga Jalan Mambang Diawan V No. 08 Dusun V, Sigara Gara, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah Ibu Rida Suyatmika, S.Pd beserta Bapak dan Ibu Guru SD IT Uli Arga. Kegiatan ini mengambil Judul PKM dari Siti sendiri “Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Kokodas di SD Swasta Islam Terpadu Uli Arga Patumbak”.

“Pelaksanaan PKM ini bertujuan untuk melakukan kegiatan sosialisasi dalam memberikan media pembelajaran matematika yang menyenangkan,” ungkap Siti.

Dosen Pendidikan Matematika UMN Al- Washliyah, Gelar Pengabdian Masyarakat
Siti Khayroiyah, S.Pd, M.Pd saat mengajar

Kokodas (kotak-kotak cerdas) merupakan salah satu media pembelajaran matematika yang digunakan untuk memperlancar operasi hitung. Dimana dalam penggunaan kokodas ini konsep perhitungan harus sudah dipelajari, sehingga dalam permainan si anak tinggal melatih dan lebih menguasai materi.

Siti Khayroiyah juga memaparkan bahwa konsep Kokodas ini berfungsi untuk mengakomodir 3 gaya belajar anak, yaitu memvisualisasikan operasi hitung, contohnya perkalian yaitu dengan melihat angka yang tersedia, kemudian mengestetikan si anak, yakni dengan mencari dan memindahkan angka-angka dan yang terakhir adalah audio, dimana siswa di tuntut untuk dapat mendengar pengarahan dan instruksi dari guru.

“Dengan Kokodas ini diharapkan dapat menimbulkan minat belajar anak semakin meningkat dan menghilangkan pendapat bahwa belajar matematika sulit serta membosankan,” jelas dia. Berita Medan, Alvian