Dosen UMN Al-Washliyah, Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Dosen UMN Al-Washliyah, Laksanakan Pengabdian Masyarakat
Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN Al Washliyah saat kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SD Swasta Pembangunan

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Dosen UMN Al-Washliyah, Nurmairina, S.Pd.I, M.Pd., sebagai Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN Al-Washliyah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM ini dilaksanakan pada hari Rabu (20/11/2019) di SD Swasta Pembangunan Kecamatan Patumbak. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah beserta Bapak dan Ibu Guru SD Swasta Pembangunan. Kegiatan ini mengambil tema PKM “Sosialisasi Pembuatan LKS Berbasis Daerah di SD Swasta Pembangunan Kecamatan Patumbak”.

Seorang guru harus bisa mengetahui beberapa cara yang yang tepat dan efektif dalam menyajikan LKS sesuai dengan materi pelajaran yang berdasarkan lingkungan siswa. LKS yang digunakan harus sesuai dengan karakter/cara belajar siswa, yaitu pada tahap kongkrit, sehingga siswa SD membutuhkan LKS bebasis lingkungan tempat tinggalnya supaya LKS siswa menjadi menarik dan menyenangkan sehingga tercapainya tujuan pelajaran.

Melalui kegiatan PKM ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman guru tentang LKS berbasis daerah/lingkungan siswa di SD, Guru dapat membuat LKS sendiri untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menghadirkan LKS yang kongkrit ke dalam proses belajar mengajar.

Dalam pemaparannya, Nurmairina, S.Pd.I. M.Pd., menyampaikan tentang Pembuatan LKS Berbasis Daerah, yang mana LKS ini baik digunakan dalam proses belajar mengajar di SD, dapat dapat menghadirkan lingkungan nyata bagi siswa, sehingga sesuai dengan tahap perkembangan belajar mereka. Berita Medan, red