Lewat Lomba Hitung Cepat, HIMAPKA Unimal Dorong Kemahiran
Panitia dan pemenang lomba

MUDANEWS.COM, Aceh Utara – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himapka) Universitas Malikussaleh memyelenggarakan Lomba Hitung Cepat Mathematic (Lipat Math), Sabtu (02/11/2019).

Diselingi lomba, pada hari yang sama Himapka juga mengadakan seminar matematika dengan mengusung tema “Mengenal Assesmen Matematika International : TIMSS dan PISA” dengan pemateri Bapak Herizal SPd MPd.

Perlombaan yang bertemakan “Berpikir Tepat, dengan Waktu yang Cepat ” ini diikuti oleh 100 lebih mahasiswa yang datang dari berbagai universitas di Aceh, seperti Universitas Malikussaleh, IAIN Malikussaleh dan sebagainya.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kecepatan serta kecermatan otak, agar kita semua tidak hanya berpikir cepat tetapi juga berpikir secara tepat. Selain itu, peserta juga akan diberi ilmu tentang TIMSS dan PISA. Kedua istilah ini merupakan suatu sistem penilaian sains dan matematika siswa berskala internasional.

Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh Himapka selama beberapa kabinet yang telah demisioner. Kegiatan ini diselenggarakan oleh kabinet berkarya (2019/2020) yang diketuai oleh Bima Pambudi.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhammad Ridhollah mengutarakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Aula Cut Meutia, Universitas Malikussaleh yang diawali dengan pembukaan serta dimeriahkan juga oleh penampilan perdana Sigmatika yaitu sanggar seni matematika.

Lewat Lomba Hitung Cepat, HIMAPKA Unimal Dorong Kemahiran
Lomba Hitung Cepat

Ia menambahkan bahwa perlombaan ini dibagi menjadi 4 sesi dan babak final. Perlombaan ini mengambil 5 pemenang dari seratus mahasiswa yang berpartisipasi.

Ketua Umum Himapka, Bima Pambudi juga berpendapat bahwa peserta mendapat banyak manfaat dari kegiatan ini, karena peserta tidak hanya melatih kecermatan otak tetapi mendapat ilmu yang bermanfaat dari seminar yaitu tentang TIMSS dan PISA.

“Acara ini juga disponsori oleh berbagai pihak seperti Combed Store, Sefa Bumi Persada, OPPO, Wardah, Paparons dan sebagainya,” ujar Bima. Berita Aceh Utara, Arwan