Dies Natalis UINSU, Tingkatkan Kualitas Mahasiswa Dengan Ma’had Jami’ah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pada tahun akademik 2020, UINSU akan melakukan terobosan baru dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas Mahasiswa UINSU. Metode yang dikembangkan UINSU adalah Pembelajaran berbasis Ma’had Jami’ah. Seluruh mahasiswa UINSU yang berjumlah 7000 orang, pada tahun pertama akan diasramakan (Ma’had) dengan menerapkan model pembelajaran pesantren.

Ada tiga wilayah yang mendapatkan penguatan melalui Ma’had. 1). Penguatan bahasa Arab dan Inggris baik pada dimensi pemahaman teks –teks sains dan agama ataupun dalam komunikasi. 2). Penguatan dalam bidang Tahfiz (menghafal) dan Tahsin (Penghalusan bacaan Al-Qur’an). 3). Penguatan pemahaman Islam Washatiyyah, Moderasi Beragama dan nilai-nilai Kebangsaan. Tiga kekuatan ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi mahasiswa UINSU untuk mengembangkan talentanya di masa-masa yang akan datang.

Mutu mahasiswa dan mutu alumni menjadi fokus UINSU. Oleh karena itu, penguatan lulusan dari sisi karakter, kompetensi ilmu dan skill, adalah hal terpenting dalam pengelolaan perguruan tinggi. Oleh karena itu, seluruh proses pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian harus bermuara pada peningkatan lulusan UINSU.

Mahasiswa UINSU memiliki kemampuan yang luar biasa. Hal ini ditunjukkan dengan capaian prestasi di tingkat nasional dan internasional. Seperti, juara I pada Musabaqah Tahfidz Qur’an Se-Asia Fasifik di Jakarta, menjuarai kompetensi Fotografi se-Asean di Penang Malaysia, sebagai Juara III dalam ajang Seoul International Invantion Fair 2018 di Korea dengan penemuan obat diabetes berbahan buncis, meraih medali perak di ajang Thailand Investor’s Day 2019 yang diikuti lebih dari 29 Negara di Dunia.

Mahasiswa FKM juga menjadi juara III Kompetisi Inovasi Indonesia One Health University Networks (INDOHUM) tahun 2019. Baru-baru ini mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi juga menyabet Medali Emas sebagai Young Award dalam World Invention Competition Exhibition 2019 di Malaysia, dan masih banyak prestasi lainnya yang telah ditorehkan mahasiswa UIN SU.

Saat ini UINSU sedang bekerja keras untuk mencapai prestasi terbaiknya. Segala kemampuan dikerahkan untuk mencapai tujuan UINSU Juara. Segala sumber daya yang ada juga dikerahkan untuk pencapaian target yang telah ditetapkan, akreditasi A (unggul), program digitalisasi yang harus tuntas tahun 2020. Serta pembuktian internasionalisasi. Jika tiga harga mati ini berhasil diwujudkan pada tahun 2020, pada tahun 2020-2024 UINSU akan menjadi Juara dalam makna yang sebenarnya. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini