Ciamis, Pramuka Sebagai Wadah Pembinaan Generasi Bangsa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Praja Muda Karana (Pramuka), menjadikan sebuah ladang penggemblengan generasi muda, untuk menjadikan Pemimpin Bangsa, dan Negara, dimasa yang akan datang. Karena didalam Pendidikan Kepramukaan terdapat berbagai materi yang sangat mendukung jiwa, dan praktek kepemimpinan. Sehingga tidak diragukan lagi, kalau Pemimpin Bangsa, dan Negara, banyak yang terlahir dari Insan Pramuka.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Pamarican, Totong Suryana, S.Pd., usai menutup kegiatan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Penggalang, di Lapang Sepak Bola Geger Bentang, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (03/10/2019).

Totong, mengungkapkan perkembangan, dan perubahan lingkungan yang pesat Pramuka, selalu andil secara aktif, membantu Pemerintah dalam Pembangunan Nasional.

“Perubahan perilaku generasi muda, peningkatan kemampuan pribadi, dan perkembangan ilmu pengetahuan, serta teknologi harus diberikan kepada generasi muda. Dan itu semua telah dilakukan oleh Pramuka,” ungkap Totong.

Ketua Panitia Dianpinru, Hafid SR, menjelaskan bahwa kegiatan Dianpinru yang dilaksanakan sejak Hari Selasa – Kamis, Tanggal 01-03 Oktober 2019, oleh Kwarran Pamarican ini, diikuti oleh sebanyak 59 pangkalan Sekolah SD/MI/SMP/MTs, yang ada diwilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dan untuk para peserta sendiri dari masing-masing Pangkalan berjumlah 10 orang siswa, yang terdiri dari utusan siswa laki-laki berjumlah 5 orang, dan siswa perempuan 5 orang.

“Mereka merupakan para pemimpin regu penggalang usia 11-15 tahun yang telah diseleksi dari Gugus Depan (Gudep), masing-masing,” jelasnya.

Kegiatan yang mengambil tema “Generasi Mandiri, Santun, Ksatria, Beriman dan Bertaqwa, Terampil, Kreatif, Cerdas, Kuat, dan Sehat” tersebut dikemas dalam bentuk perkemahan di Lapang Sepak Bola Geger Bentang, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dan para peserta Gladian Pemimpin Regu, mendapatkan bimbingan dari Andalan dan Pelatih Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Ciamis.

Ciamis, Pramuka Sebagai Wadah Pembinaan Generasi Bangsa
Saat kegiatan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Penggalang

“Mudah-mudahan para peserta yang mengikuti kegiatan Dianpinru ini, dapat meningkat motivasinya dalam melaksanakan tugas keseharian dengan produktif sesuai perkembangan zaman,” jelasnya.

“Mudah-mudahan para peserta Dianpinru, yang berasal dari utusan Pangkalan Sekolah tersebut, bisa memiliki bekal pengetahuan, dan pengalaman sehingga mereka dapat mengelola, dan memimpin regunya, dengan baik, serta mengembangan diri di Gugus Depannya masing-masing,” harap Hafid. Berita Ciamis, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini