Studium Generale Dubes RI untuk RDR Laos 

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Bandung – Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UNIKOM) pada Jumat, (09/8/2019), menyelenggarakan Studium Generale dengan tema “Diplomasi Indonesia di Republik Demokratik Rakyat Laos” dengan Narasumber Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) R.P Pratito Soeharyo. Acara dihadiri oleh +/ 200 peserta dari kalangan mahasiswa dan umum yang bertempat di Auditorium Miracle Kampus II UNIKOM.

Acara Studium Generale diawali dengan sambutan Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Dr. Dewi Triwahyuni, M.Si. Dalam sambutannya Kaprodi IHI menjelaskan kegiatan ini merupakan program kerja Prodi IHI UNIKOM dengan mendatangkan expert maupun praktisi dari Kementerian Luar Negeri RI setiap semesternya. “Hal ini sebagai penunjang kurikulum mata kuliah HI Kawasan Asia Tenggara serta Studi dan Praktik Diplomasi yang diselenggarakan di program studi IHI FISIP UNIKOM,” terangnya.

Selain itu dalam kesempatan ini juga turut dilakukan penjajakan kerjasama antara IHI FISIP UNIKOM dan KBRI Vientiane, Laos, untuk Kegiatan Program Magang Mahasiswa IHI UNIKOM. Sambutan juga diberikan oleh Dekan FISIP UNIKOM, Prof Dr Samugyo Ibnu Redjo, Drs, MA yang juga sekaligus membuka acara, dalam sambutannya Dekan FISIP menyambut baik kegiatan ini dan diharapkan kedepannya kerjasama antara KBRI Vientiane – IHI FISIP UNIKOM dapat segera direalisasikan.

Dubes Pratito Soeharyo memaparkan materi mengenai Diplomasi RI di RDR Laos dan peluang-peluang bagi Indonesia. KBRI Vientiane mendorong peningkatan Outward Investment di negara Laos. “KBRI Vientiane juga berupaya mengenalkan Indonesia kepada masyarakat Laos sehingga dapat meningkatkan people to people contact dan meningkatkan jumlah kunjungan pebisnis dan wisatawan dari Laos ke Indonesia,” katanya.

Dalam Studium Generale ini Dubes Pratito Soeharyo juga berbagi tips bagaimana menjadi seorang diplomat dan prospek pekerjaan bagi sarjana hubungan internasional. Antuasiasme mahasiswa dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa pada sesi tanya jawab dan diskusi. Berita Bandung, red

- Advertisement -

Berita Terkini