Sarimpunan Ritonga: Dinas Pendidikan Selalu Mensuport PKBM 

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Dinas Pendidikan selalu mensuport PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, keseriusan itu dibuktikan dengan kami memasukkannya di anggaran APBD untuk kegiatan operasional maupun lain-lain PKBM setempat, namun perlu kami informasikan bahwa pada tahun 2019 ini ternyata kebijakan Pemerintah Pusat itu bertambah, kalau di tingkat SD, SMP, SMA namanya BOS, kalau di TK dan PAUD namanya BOP PAUD, kalau di PKBM yaitu BOP PKBM, semua didanai, kalau dia TK, PAUD itu Rp.600.000,-/kepala/tahun, SD Rp.800.000,-/kepala/tahun, SMP Rp.1.000.000,-/kepala/tahun, SMA Rp.1.200.000,-/kepala/tahun dan untuk PKBM Rp.1.800.000,-/kepala/tahun, tetapi kami masih mempelajari kebijakan tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu Drs H Sarimpunan Ritonga, MPd, Senin (1/7/2019) siang dalam sambutannya pada acara Halal Bi Halal dan syukuran TBM Pena Labuhanbatu di Dusun I Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat yang turut dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Ir H Leo Sunarta Marpaung, MMA dan Kabid Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik Dinas Kominfo Siti Nursani Lubis SE.

Dalam kesempatan itu, Sarimpunan mengakui bahwa Dinas Pendidikan Labuhanbatu sangat terbantu dengan adanya PKBM ini khususnya TBM Pena karena paling banyak menyelamatkan anak bangsa, setiap kecamatan ada PKBM sampai ke PKBM Citra yang ada di Sei Berombang.

“Terus terang kami akan terus mendukung program dari TBM Pena, baik itu secara tekhnis, budget dan lainnya, TBM ini telah banyak meyelamatkan masa depan masyarakat dengan mengelola program pendidikan kesetaraan paket A, B, C, dan C Vokasi,” kata Sarimpunan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir H Leo Sunarta Marpaung MMA pada sambutanya mengucapkan terimakasih kepada mitra yang telah mensuport TBM ini, ini adalah awal bagi kita untuk menggapai prestasi terbaik kedepan, tahun ini dari Dinas Perpustakaan akan membuat link ke TBM Pena sehingga pengunjung langsung dapat mengakses buku dari website tanpa harus datang ke Perpustakaan.

Pada kesempatan itu Leo Sunarta mengucapkan terimakasih kepada mitra-mitra kami yaitu Dinas Pendidikan yang telah mensuport langsung atau tidak langsung TBM Pena ini, karena kalau hanya Dinas Perpustakaan saja saya rasa tidak bisa berbuat apa-apa, hal yang sama juga kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kominfo Labuhanbatu atas dukungannya sehingga TBM Pena dikenal di Provinsi Sumatera Utara sampai ibukota karena ada suatu program yang membuat mereka tergelitik atau tertarik dengan adanya literasi Al Qur’an.

Kedepan kita berharap dapat terus bersinergi dengan Dinas Pendidikan, dan Dinas Kominfo Labuhanbatu yang selalu menginformasikan keberadaan TBM dari tidak tahu menjadi tahu sehingga TBM dapat dikenal masyarakat luas, jadi TBM Pena ini jangan lagi namanya TBM karena sudah naik kelas menjadi Perpustakaan Umum yang dikelola oleh swadaya masyarakat, kata Leo Sunarta.

Muhammad Azan Ritonga MPd selaku pengelola TBM Pena mengatakan, Taman Baca Masyarakat Pendidikan Amal (TBM Pena) merupakan program atau lembaga inti dari lembaga PKBM Pena. Taman bacaan ini didirikan dalam upaya memberikan layanan kepentingan bagi para peserta didik, warga belajar dan khususnya bagi masyarakat sekitar TBM Pena.

Tujuan dari pendirian taman baca tersebut guna menyediakan layanan informasi yang cepat, tepat dan murah bagi masyarakat, terutama mengenai topik yang berguna bagi mereka yang sedang hangat dalam kalangan masyarakat serta untuk pengembangan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki masyarakat.

Terkait dengan hal tersebut Muhammad Azan Ritonga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan, Dinas Pendidikan Labuhanbatu yang telah mensuport serta mendukung kemajuan TBM Pena ini, selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kominfo Labuhanbatu yang telah menjalin kerjasama dengan TBM Pena dengan memberikan bantuan secara Cuma-cuma.

“Tabloid Labuhanbatu Kita untuk bacaan masyarakat dalam menambah wawasan dan informasi tentang pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu,” kata Muhammad Azan. Berita Labuhanbatu, Arjuna

- Advertisement -

Berita Terkini