Pantau UNBK SMA, Ini Harapan Tengku Erry
Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi Didampingi Kadisdik Provsu Arsyad Lubis dan Kepala Sekolah SMAN 4 Medan Ramly melihat Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA 4 Medan dari luar Ruangan

Laporan : Fathir

MudaNews.com, Medan (Sumut) – Hari Pertama Ujian Nasional tingkat SMA dilaksanakan hari ini, Senin (10/4). Untuk memastikan jalannya UN, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi melakukan tinjauan ke beberapa sekolah di Kota Medan. Sama Seperti minggu sebelumnya, Erry juga meninjau pelaksanaan Ujian Nasinal Berbasis komputer (UNBK) tingkat SMK.

Didampingi Kadisdik Provsu Arsyad Lubis dan Kepala Sekolah SMAN 4 Medan Ramly, Erry melihat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA 4 Medan dari luar ruangan.

“Hari ini saya memantau pelaksanaan Ujian Nasional untuk tingkat SMA. Di SMAN 4 ini digelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kami berharap berjalan lancar,”ujar Erry usai memantau UNBK di SMAN 4 Medan di Jalan Gelas No 12, Sei Putih Tengah, Kecamatan Medan Petisah.

Dalam kesempatan itu Erry menyampaikan bahwa tahun ini telah terjadi peningkatan yang signifikan terhadap SMA dan SMK yang melaksanakan UNBK. Jika tahun lalu sekolah yang melaksanakan UNBK hanya sebanyak 99 sekolah tahun ini mencapai 1.500 sekolah.

“Ini hal yang lebih baik dibandingkan tahun lalu. Peningkatannya sangat signifikan. Kita berharap tahun depan semakin banyak lagi sekolah yang melaksanakan UNBK,” katanya.

Dengan UNBK, lanjut Erry, tentunya akan sangat memberikan kemudahan baik dari sisi distribusi kertas ujian, kebocoran soal maupun dari segi efektifitas waktu pemeriksaan hasil ujian. Oleh karenanya Gubsu kembali berharap jika tahun depan jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK semakin meningkat.

“Kita berharap targetnya bisa 70-80 persen sekolah melaksanakan UNBK tahun depan. Tapi memang untuk UNBK ini ada kendala yang kita hadapi salah satunya persoalan ketersediaan komputer dan juga jaringan internet. Karena masih banyak di daerah-daerah lain yang kondisinya masih sulit terjangkau jaringan internet. Kalau persoalan listrik mudah-mudahan tidak ada masalah lagi kecuali ada persoalan teknis,” sebut Erry.

Sementara itu Kepala SMAN 4 Medan Ramli mengatakan sebanyak 600 siswa SMAN 4 melaksanakan UNBK. Mereka dibagi dalam lima ruangan. Usai memantau pelaksanaan UNBK di SMAN 4 Medan, Gubsu dan rombongan juga mengunjungi SMA sawasta Panca Budi Medan juga memantau pelaksanaan UNBK.[rd]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here