SMK Di Medan Memulai UNBK Hari Ini

UNBK 2017, Ombudsman Pastikan Nihil Kecurangan
Foto: Yogoy; Suasana UNBK di SMK N 10 pada Senin (3/4/2017)

Laporan: Dhabit Barkah Siregar

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai dilaksanakan di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Medan hari ini, Senin (3/4).

Seperti diketahui, di SMK Negeri 10, Jalan Teuku Cik Di Tiro ada 309 siswa yang mengikuti ujian.

Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) bagian Kurikulum, Marjono Bangun menuturkan, dalam pelaksanaan hari ini pihaknya tak mendapat kendala apapun.

“Sejak pagi tadi enggak ada masalah apapun sampai sekarang,” kata Marjono saat ditemui siang tadi.

Meski berjalan tanpa kendala, ujian tersebut dilaksanakan dalam tiga sesi. Hal tersebut, dikarenakan jumlah unit komputer yang terbatas. Sesi pertama dimulai sejak pukul 07.30-09.30 WIB. Kedua, dimulai dari 10.30-12.30 WIB. Terakhir pukul 14.30-16.00 WIB.

UNBK akan berlangsung selama empat hari. Perharinya akan diujikan satu mata pelajaran.UNBK pun disambut baik oleh para siswa. Menurut Marjono, para siswa sangat terbantu dengan adanya UNBK.

“Kalau siswa sangat terbantu. Karena praktis. Tinggal klik saja. Beda dengan dulu yang harus melingkari,” katanya.Dia berharap pemerintah meningkatkan kwalitas sarana dan prasarana pelaksanaan UNBK. Karena UNBK sudah membantu pihaknya dari sisi kinerja.

“Harapannya, sistem ini akan berkembang. Karena lebih tidak merepotkan. Mulai dari administrasi sampai penilaiannya,” katanya.

Ujian berbasis komputer ini juga mengurangi potensi kecurangan. Karena semuanya masuk dalam sistem online.

Pihak sekolah juga sudah menggelar simulasi UNBK sebanyak dua kali. Itu dilakukan agar siswa tidak canggung dalam pelaksanaannya.

“Tinggal penguasaan materinya. Itu tergantung masing-masing,” pungkasnya.[rd]