Gedung SMK Hang Tuah diresmikan
Gedung SMK Hang Tuah yang baru
Laporan : Yogoy
MUDAnews, Medan (Sumut) – Gedung SMK Hang Tuah yang baru diresmikan langsung oleh Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Robert Wolter Tappangan, Jumat (24/3/2017). Dalam peresmian itu Robert juga didampingi istrinya, Tetti Robert Wolter Tappangan selaku anggota pengawas yayasan Hang Tuah.
Gedung baru itu terletak di Komplek TNI AL Ikan Bawal jalan Yos Sudarso, Kelurahan Titipapan, Kecamatan Medan Labuhan.
Acara peresmian diawali dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Tetti Robert Wolter Tappangan. Dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Danlantamal I Laksmana TNI Roberth Wolter Tappangan.
Kunci gedung baru juga diberikan kepada Ketua Yayasan Hang Tuah Belawan Mayor Laut (KH/W) Laida Naria. Acara itu dihadiri oleh seluruh Asisten Danlantamal I, Para Kasatker, Pengurus Korcab I Daerah Jalasenastri Armada Barat (DJAB), Pengurus Yayasan Hang Tuah dan seluruh Kepala Sekolah YHT Cabang Belawan.
Gedung baru ini rencananya akan digunakan untuk tahun ajaran baru. Artinya, seluruh siswa yang menempati gedung lama di Belawan akan dipindahkan ke sana.
Ada 145 siswa/i SMK Pelayaran dan 60 SMK yang akan dipindahkan. Sebagai informasi, SMK Pelayaran dan SMK Bahari Hang Tuah memiliki 5 Jurusan yang telah terbukti kualitasnya seperti Jurusan Tehnik Kendaraan Ringan (TKR), Tehnik Instalasi Permesinaan Kapal (TIPK), Administrasi Perkantoran (AP), Nautika Kapal Niaga (NKN) dan Tehnika Kapal Niaga (TKN). Diaana jutmga sudah ada  guru-guru pengajar yang memiliki keterampilan khusus dibidangnya. Dengan jumah 18 guru SMK Pelayaran dan 14 guru SMK Bahari. Sekolah ini juga di lengkapi dgn laboratorium dan bengkel praktek perkapalan.
Dalam sambutannya Danlantamal I menyampaikan penyelesaian pembangunan tahap I ini merupakan wujud keseriusan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kecintaan terhadap dunia maritim serta memiliki keahlian dibidang kemaritiman.
“Hal itu merupakan dua pilar pembangunan dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” kata Robert disela peresmian.
Dia juga menghimbau kepada siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan di Sekolah menengah Kejuruan (SMK) terbaik di kota medan ini untuk bergabung dengan mendapatkan pendidikan Ilmu yang akan menjadi bekal siswa/i di dunia kerja kelak. Tahun ajaran baru berikutnya, SMK Pelayaran Hang Tuah akan menerima murid baru sebanyak 180 siswa/i dan SMK Bahari sabanyak 70 siswa/i.[ rd ]