Dr.(HC).Zulkifli Hasan.,SE.,MM

Laporan: Wahyu Panjaitan

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Dr.(HC).Zulkifli Hasan.,SE.,MM saat menyampaikan materi dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI pada ratusan civitas akademika Univeraitas Islam Negeri Sumatera Utara pada Kamis (23/3) di Lt.2 Aula UIN SU, Jalan William Iskandar, Medan Sumatera Utara, mengatakan sebagai warga negara Indonesia dari mana pun asalnya, apapun etnis dan agamanya, semua mempunyai hak yang sama.

“Hak kita tak boleh dihalang-halangi, karena adanya persamaan hak inilah sebagai wujud Indonesia sebagai NKRI,”ujar Zulkifli Hasan.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai bangsa yang mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika, apapun latar belakang orang, ia mempunyai kesempatan menjadi apapun yang sama peluangnya.

“Siapa pun dapat menjadi wakil rakyat, kepala daerah, dan lain sebagainya, tak boleh melarang seseorang menjadi apapun,”lanjut Zulkifli.

Diakui Indonesia memang beragam, justru kalau sama menurut Zulkifli Hasan itu bukan Indonesia. Ditegaskan bahwa perbedaan itu bukan rasis.

Lebih lanjut menurut Zulkifli kita (Masyarakat Indonesia) boleh mengaku berasal dari salah satu etnis karena keragaman budaya yang ada justru harus dioptimalkan dan budaya daerah diakui adalah sebagai sumber kekuatan.

“Kita beragam tetapi satu dan dalam keragaman itulah kita harus saling respek dan menghormati satu sama lain,”tegasnya.