Unimed
Unimed

Laporan: Alvian

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Setelah kemarin Universitas Negeri Medan (Unimed) berhasil memperoleh Akreditasi A dari Ban PT, kali ini unimed kembali mengusulkan 16 (Program Studi) (Prodi) baru program S1,S2,dan S3.

Pasalnya, dalam merespon pengumuman pengusulan pembukaan program studi baru Tahun 2017 dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemristekdikti RI tertanggal 16 Januari 2016. Dirjen Kelembagaan telah membuka peluang bagi PTN/PTS di seluruh Indonesia yang akan mengusulkan Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta, serta Pembukaan dan Perubahan Program Studi pada Perguruan Tinggi di Tahun 2017 dalam dua periode.

Menanggapi hal tersebut, Unimed merespon  dengan cepat  kesempatan tersebut dengan membentuk tim di tingkat universitas dan fakultas untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dipersyaratkan.

Prof. Syawal Gultom selaku Rektor Unimed pada kamis (16/3) di ruang kerjanya mengatakan, Unimed akan terus mengembangakn sayapnya menjadi PTN terbaik dan bermutu serta berdaya saing di kancah nasional.

“Tidak hanya itu, unimed saat ini mempunyai SDM yang berkuantitas dan berkualitas sehingga tidak diragukan lagi untuk membuka prodi baru yang tentunya diminati masyarakat,” jelasnya.

Program Studi baru yang diusulkan oleh Unimed ke Kemristekdikti yakni : 1). Pend. Biologi S3, 2). Pend. Matematika S3, 3). Pend. Fisika S3, 4). Pend. Teknologi dan Kejuruan S2, 5). Teknik Lingkungan S1, 6). Pend. Vokasional Kesejahteraan Keluarga S1, 7). Pariwisata S1, 8). Teknik Mesin S1, 9). Rekayasa Perangkat Lunak S1, 10). Farmasi S1, 11). Teknik Metalurgi S1, 12). Ilmu Ekonomi S1, 13). Ilmu Komunikasi S1, 14). Teknik Industri S1, 15). Ilmu Komputer S1, dan 16). Multimedia D3.

“Logikanya, Tidak akan munkin Unimed mengusulkan Prodi baru jika SDM nya tidak cukup, sarana dan prasarana tidak mendukung dan persyaratan lain tidak kita miliki,” jelas syawal.

Pada periode pertama Januari-Maret 2017 Unimed telah berhasil mengusulkan 16 Prodi baru D3, S1, S2 dan S3.

Syawal juga menegaskan Unimed saat ini sudah menjadi kampus terbaik dengan akreditasi institusi A dan 50 % akreditasi Prodi telah A, selebihnya sudah B. Didukung oleh sejumlah prestasi yang telah diraih secara nasional, selanjutnya peminat calon mahasiswa baru setiap tahun meningkat, dan tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia kepada Unimed kian meningkat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua tim penyusun proposal usulan Prodi baru. Semoga kita tetap sehat dan kerja keras kita ini akan membuahkan hasil yang maksimal,” tutupnya.[jo]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here