Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH foto bersama dengan Tim Universitas Negeri Medan Prof Manihar Situmorang, MSc, PhD selaku Wakil Rektor IV Universitas Negeri Medan, DR Abil Mansyur, Msi dan Winsyahputra, MSi dan Kalvin Puluh Ginting, SPd.

Laporan: Arkhan AL

MUDANews.com, Karo (Sumut) –  Pemerintah Kabupaten Karo akan menjalin kerjasama dengan kampus terbaik Sumatera Utara yakni Universitas Negeri Medan (UNIMED) dalam hal peningkatan SDM dan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan.

Pemkab Karo memiliki harapan besar yakni akan lahir berbagai kegiatan yang mengarah untuk kemajuan mutu pendidikan dan peningkatan kompetensi guru lebih profesional.

“Bersama UNIMED, kita akan rancang berbagai kegiatan tersebut secara baik untuk mencapai tujuan secara maksimal agar mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Karo terus maju menuju prestasi yang membanggakan masyarakat,” kata Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Eddi Surianta Surbakti dan mewakili Kepala Bappeda Amal Sembiring saat menerima kunjungan tim UNIMED di ruang kerjanya, Rabu (1/3) Kantor Bupati Karo, Kabanjahe.

“Pendidikan dalam suatu daerah merupakan unsur terpenting menuju kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Pemda Karo akan dorong tidak hanya dari sisi pendanaan, namun harus ada kegiatan terstruktur dan kontiniu dalam hal pelatihan dan perancangan pendidikan secara baik,” ujar Bupati Karo.

“Saya harap Kadis Pendidikan Kabupaten Karo untuk terus berkordinasi dengan UNIMED dalam merancang kerjasama (MoU) terkait berbagai hal agar tujuan untuk memajukan kualitas dan mutu pendidikan bisa dicapai dalam waktu dekat,” tambahnya.

Sementara Prof Manihar Situmorang, MSc, PhD selaku Wakil Rektor IV UNIMED, DR Abil Mansyur, Msi dan Winsyahputra, MSi dan turut didampingi Kalvin Puluh Ginting, SPd mengatakan bahwa UNIMED siap menjalin kerjasama dengan Pemkab Karo dalam peningkatan mutu dan kualitas sumber daya manusia, seperti peningkatan kompetensi guru SD, SMP, SMA/SMK untuk bidang studi atau pembelajaran.

“Peningkatan kompetensi guru dalam penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel/ilmiah. Demikian juga kerjasama untuk peningkatan kualitas akademik siswa miskin berprestasi dari SMA/SMK untuk meningkatkan jenjang pendidikannya melalui jalur kerjasama,” tuturnya.

Selanjutnya, Prof Manihar Situmorang, MSc, PhD menjelaskan, pihaknya juga siap melakukan kerjasama pendampingan pengelolaan keuangan desa dan perencanaan program pembangunan desa. Demikian juga pembinaan UKM dan koperasi.

“UNIMED juga siap bekerjasama melakukan kegiatan lain dibidang peningkatan SDM SKPD dan pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Karo, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama untuk memajukan masyarakat yang sejahtera dan bahagia,” tambahnya lagi.[jo]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here