[Profil] Ridho, Pemimpin Muda Dari SMA Negeri 7 Medan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Dian Rahmad

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Berserikat dan berkumpul adalah hak setiap warga negara di Indonesia, ini adalah cerminan dari negara demokrasi. Demokrasi sendiri sudah diajarkan sejak dini, bahkan di pendidikan formal seperti sekolah sudah mengajarkan demokrasi, salah satunya adalah wadah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Pendidikan berdemokrasi diajarkan di sekolah melalui OSIS. Seperti yang kita ketahui, OSIS sendiri dimulai pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kali ini MUDANews.com mencoba menggali profil sorang aktivis tingkat pendidikan menengah ini agar setiap remaja yang saat ini rentan dengan pergaulan yang bebas. Agar hal ini menjadi sebuah perbandingan positif bagi setiap remaja yang tengah mencari jati diri, atau yang kita kenal dengan masa puber.

Ketua OSIS di salah satu SMA Negeri  favorit di Medan, yakni SMA Negeri 7 medan. Sekolah yang beralamat di Jalan Timor nomor 36 Medan ini memiliki OSIS yang aktif dan berkembang dengan aktivitas organisasi yang baik oleh Ketua OSIS dan jajarannya.

Adalah Ridho Aulia Dalimunthe,  yang lahir di Kota Medan pada tanggal 6 agustus 2000, anak ke 3 dari 4 bersaudara,  merupakan pimpinan dari OSIS SMA Negeri 7 Medan.

Ketika bercerita dengan MUDANews.com Ridho menjelaskan bahwa OSIS SMA Negeri 7 ini menaungi 12 organisasi kesiswaan/ekstra kurikuler (ekskul), yakni Smanju Badminton Club, Palang Merah Remaja 060 (PMR 060 ), Basket, Teater seven art,  P asukan Pengibar Bendera (Paskibra/PAMASTA), cheerleaders (JOWSHE cheers), Futsal, Bintal, Pramuka SMAN 7 MEDAN (PRAMANJU), Paduan Suara (Hallelujah Choir), Dojo kei shin kan Karate, tari Tradisional (Sangrita), dan Dance ( JOWSHE DANCE).

Remaja yang tergolong memiliki tinggi badan ideal ini secara khusus sejak awal memilih kegiatan ekskul Paskibra SMA Negeri 7 Medan dan sekaligus aktif sebagai pengurus OSIS. Ia mengaku bahwa selama bergabung sebagai pengurus OSIS, banyak kawan-kawan dan seniornya menyarankan agar ia maju sebagai kandidat ketua OSIS berikutnya. Akhirnya melalui musyawarah yang dilaksanakan pada Desember 2016 lalu, hasil musyawarah tersebut memutuskan bahwa Ridho Aulia Dalimunthe sebagai ketua OSIS SMA Negeri 7 Medan

“Pertama awal sekolah kelas satu, saya adalah anggota paskibra, dan juga anggota osis, saya juga pernah mengikuti Paskibra di SMP saya dulu, itu SMP Negeri 12. Saya ketua Paskibra di sana. Itu lah langkah awal saya berorganisasi. Dalam perjalanan ber-OSIS ada beberapa kawan-kawan yang meminta saya untuk maju jadi ketua OSIS,” ungkap Pemuda berjiwa kepemimpinan ini.

Ia juga bercerita awalnya ia merasa ragu untuk menerima tawaran sebagai kandidat Ketua OSIS, namun karena beberapa senior juga menasihati dan mendukungnya untuk maju, maka ia membulatkan tekad dan maju sebagai kandidat.

Alhamdulillah saya terpilih, ini semua berkat kerja keras saya, kawan kawan dan senior  yang mendukung” tutur Ridho saat diwawancarai eksklusif oleh MUDANews.com.

Dengan pemahaman dan kemampuan berkomunikasi yang baik, dalam melaksanakan tugasnya, siswa kelas XI pada jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ini selalu berkomunikasi dan mendiskusikannya dengan guru-gurunya terkhusus Pembantu Kepala Sekolah (PKS) III yang menaungi bagian kesiswaan di sekolah tercintanya.

“Pak Alwin Parulian Lubis, teman-teman, ketua setiap organisasi eksra (ekskul) dan beberapa senior yang sangat peduli dengan kemajuan SMA Negeri 7 terkhusus kemajuan OSIS di SMA Negeri 7 selalu membantu saya,” paparnya membanggakan orang-orang hebat di sekelilingnya.

“Dalam menjalankan tugas, apalagi kalau buat kegiatan, saya selalu berdiskusi dengan Pak Alwin, barulah saya minta tanggapan teman-teman OSIS lainnya. Tak lupa juga diskusi dengan senior alias pengurus osis terlebih dahulu. Senior kan udah banyak pengalamannya, jadi disitulah kami belajar, dari pengalaman senior,” pungkasnya.

Selama hampir dua bulan menjabat Ketua OSIS, pasca pelantikan bulan Januari lalu ia sendiri sudah menjalankan beberapa kegiatan OSIS di sekolahnya, seperti mengadakan pertandingan futsal dan pertandingan badminton antar kelas. Ridho menberikan sedikit bocoran, bahwa OSIS SMA Negeri 7 yang sadang dalam kepemimpinannya sedang memersiapkan kegiatan besar yang juga melibatkan seluruh sekolah tingkat SMA/sederajat di Kota Medan.

“Saya baru dua bulan jadi ketua OSIS, kami sedang memeprsiapkan agenda besar. Nantinya semua sekolah tingkat SMA/sederajat di Medan juga ikut. Mengenai kegiatan apa, tunggu saja nanti kejutannya, yang jelas MUDANews.com kita undang sebagai media partner,” ungkapnya sambil tersenyum bangga kepada MUDANews.com.

Remaja yang memiliki hobi bermain futsal ini mengaku, semenjak dua bulan mejadi pimpinan OSIS, ia juga memiliki cerita suka dan duka. Namun sebagai pemimpin ia tetap optimis bisa memberikan yang terbaik bagi SMA Negeri 7 Medan yang ia cintai ini melalui OSIS dibawah kepemimpinannya.

“Biasalah bang ada suka dan dukanya, sukanya kalau lagi kumpul-kumpul sama kawan sambil berkegiatan. Kalau dukanya ya, ada nanti beberapa organisasi yang kurang koordinasi dalam menjalankan kegiatan, tapi saya yakin ini hanya permasalahan komunikasi dan manajemen organisasi yang perlu dibenahi. Saya pribadi siap untuk berbenah dan mengkoreksi diri dan organisasi saya demi majunya nama baik OSIS SMA Negeri 7 Medan,” kata dia.

Dalam lubuk hati terdalamnya, ridho berharap agar semua ekskul dan organisasi dapat bekerja sama dengan OSIS, dan menjadikan wadah ini menjadi wadah inspirasi, aspirasi dan ajang krearivitas bagi seluruh siswa SMA Negeri 7 Medan.

“Kami jadikan OSIS ini wadah yang baik, bagi organisasi yang membutuhkan OSIS. Saya jamin kami pasti bantu, selama yang dikerjakan yang baik dan untuk mengharumkan SMA Negeri 7 Medan. Bagi semua siswa, saya menjamin OSIS akan turut membantu. Kalau kurang sponsor sama sama kita cari. Kurang dana juga sama-sama kita cari. Yang penting silaturahmi lancar, komunikasi kita enak, saya yakin kitabsemua bisa memeberikan yang terbaik untuk sekolah kita tercinta,” demikian Ridho.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini