Pansel Calon Anggota Komnas HAM Gelar Sosialisasi di USU

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Panita Seleksi Calon Anggota Komnas HAM Periode 2017-2022 menggelar sosialisasi di Ruang IMT-GT, Universitas Sumatera Utara, Medan, Kamis (29/12).

Hadir sebagai pembicara dalam sosialisasi ini antara lain Prof.Dr.Harkristuti Harkrisnowo, SH, MA  dan Zeomrotin K. Susilo mewakili Panitia Seleksi serta Nur Kholis, SH, MA mewakili komisioner. Sedangkan moderator dibawakan oleh Dekan FISIP USU, Dr. Muriyanto.

Dalam soslisasi ini, Prof.Dr.Harkristuti Harkrisnowo, SH, MA memaparkan ruang lingkup tugas panitia seleksi antara lain menyusun syarat dan tata cara seleksi calon Anggota Komnas HAM untuk mendapat pengesahan dalam sidang paripurna; melakukan seluruh tahapan seleksi calon Anggota Komnas HAM mulai dari penjaringan, penyaringan pemilihan, dan penetapan calon Anggota Komnas HAM; memastikan partisipasi publik dan keterbukaan dalam setiap tahapan proses seleksi calon Anggota Komnas HAM; memilih dan menetapkan sejumlah calon terpilih sesuai dengan UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM; dan melaporkan setiap tahapan dan hasil akhir dari pelaksanaan tugas panitia seleksi kepada Sidang Paripurna Komnas HAM.

Selain itu, ia juga menjelaskan tata cara pendaftaran Calon Anggota Komnas HAM Periode 2017-2022.

“Untuk mendaftar bisa melalui online, pos atau datang langsung. Setelah kami menerima pendaftaran akan diinput ke data entry untuk kemudian dilakukan pemeriksaan berkas,” jelasnya.

Di akhir sesi, ia pun berharap masyarakat Sumut ada yang ikut mendaftar dan lolos menjadi Anggota Komnas HAM periode 2017-2022.

“Kami berharap dari Sumatera Utara ada yang daftar dan menjadi komisioner nantinya,” tukasnya.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini