Sosialisasi Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia di Binjai

Sosialisasi Permaianan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia di Binjai
Sosialisasi permaianan rakyat dan olahraga tradisional Indonesia, Minggu 5 September 2020 Lapangan Merdeka Kota Binjai.

MUDANEWS.COM, Binjai – Sosialisasi permainan rakyat dan olahraga tradisional Indonesia di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Minggu (6/8/2020).

Mengikuti protokol kesehatan, dengan selalu menggunakan masker dan alat pelindung lainnya, masyarakat Kota Binjai sangat antusias dan terlihat memenuhi lapangan merdeka kota Binjai.

“Kami sangat mengapresiasi sekali atas kehadiran KPOTI Sumut di kota Binjai yang terus menggiatkan membumikan serta melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisional ini, kegiatan ini akan menjadi agenda mingguan kami, guna melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisional yang sudah hampir hilang di telan budaya luar serta pengaruh teknologi canggih seperti smartphone (gadget) baik dikalangan masyarakat khususnya generasi muda yang ada di kota Binjai, melihat kondisi saat ini permainan tradisional sudah banyak ditinggalkan, kami berharap kedepannya agar permainan tradisional ini dapat di masukkan kedalam mata pelajaran di sekolah,” kata Sri Ulina Ginting SPd selaku Kadis Pendidikan kota Binjai.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh ketua umum, sekretaris umum, dan beberapa pengurus KPOTI Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya Agustin Sastrawan Harahap SPd MPd selaku Ketua Umum KPOTI Sumut mengucapkan terimakasih untuk seluruh penggiat permainan rakyat dan olahraga tradisional terkhusus Kadis Pendidikan kota Binjai yang sudah berpartisipasi, mensosialisasikan menggiatkan membumikan serta melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisional Indonesia.

“Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Sumut saat ini sedang melakukan banyak rangkaian-rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut aktivitas normal. Diantaranya melakukan sosialisasi, perkenalan kepada masyarakat terkait dengan permainan tradisional ini,” ujar Agus Salim Samosir, SSi M.or AIFO, Sekretaris Umum KPOTI Sumut.

Masyarakat sangat antusias adanya lapak permainan tradisional yang digelar oleh KPOTI kota Binjai mereka berbondong – bondong dan mencoba kembali permainan tradisional, yang terpatri bahagia di masa kecil.

Seperti yang ungkapkan oleh Ir H Muhammad Saleh Pane selaku tokoh masyarakat kota Binjai mengungkapkan perasaannya saat mengikuti kegiatan lapak permainan tradisional yang digelar oleh KPOTI kota Binjai.

“Ini merupakan awal yang baik dan kami berharap supaya kegiatan ini terus diselenggarakan bila perlu diperlombakan sampai ke tingkat nasional, karena permainan tradisional ini bukan hanya sekedar pemainan saja namun juga memiliki makna filosofis dan nilai positif yang terkandung didalamnya,” bebernya.

“Harapannya KPOTI kota Binjai akan terus mensosialisasikan permainan tradisional ini sampai kepada unsur terbawah masyarakat, membentuk komunitas di sekolah, dilingkungan, guna mewujudkan visi dan misi serta harapan kita bersama mengenai pelestarian permainan rakyat dan olahraga tradisional Indonesia,” ungkap Rahmat Sembiring SPd, Mandataris KPOTI kota Binjai. Berita Binjai, red