KPOTI Sumatera Utara, Bersinergi dengan KONI Menuju PON 2024

KPOTI Sumatera Utara, Bersinergi dengan KONI Menuju PON 2024
KONI dan KPOTI Sumatera Utara

MUDANEWS.COM, Medan – Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Sumut bersilaturahmi ke KONI Sumatera Utara. Sejumlah hal didiskusikan, termasuk penguatan permainan tradisional serta menyambut PON 2024.

Silaturahmi terjalin Jumat (28/8/2020) di Sekretariat KONI Sumut. Pengurus KPOTI yang diketuai Agustin Sastrawan Harahap MPd diterima langsung Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis.

Jhon menegaskan penggalian serta ekspos tentang Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional harus terus digalakkan KPOTI Provinsi Sumatera Utara.

“Ada banyak permainan serta OlahragaTradisional terkhusus di Toba yang belum tergali. Saya harap ini menjadi tugas penting KPOTI Provinsi Sumatera Utara untuk menggalinya. Pembuatan standarisasi serta payung hukum,” kata Jhon.

Jhon yang didampingi Wakil Ketua KONI Sumut Sakiruddin, Sekretaris Chairul Azmi nenambahkan, KPOTI harus terus mendorong penerbitan Peraturan Pemerintah yang membahas tentang anggaran serta kementerian mana yang akan menaungi KPOTI.

“Harus lahir itu karena KPOTI ini penting hadir di lingkup masyarakat,” kata Jhon.

Sementara itu Wakil Ketua KONI Provinsi Sumatera Utara Sakiruddin menjelaskan, pihaknya sangat mendukung KPOTI Sumut yang hadir di tataran masyarakat.

“Sehingga membugarkan anak-anak serta seluruh masyarakat Indonesia, KPOTI adalah wadah yang tepat untuk itu,” tegas Sakiruddin.

Ketua Umum KPOTI Sumut Agustin Sastrawan Harahap MPd menyambut baik masukan-masukan dari KONI Sumut.

“Sinergitas dan kolaborasi ini penting,” kata Agustin didampingi Sekretaris KPOTI Sumut Agus Salim Samosir, Dewan Pakar Dr Rosmardhana dan Wakil Sekretaris Fahri Ananta Pane.

Agustin menjelaskan pihaknya pada 15-18 Agustus 2020 melaksanakan Road to Merdeka mengelilingi 16 kabupaten/kota di Sumut.

“Kegiatannya menggali kearifan lokal yang ada serta pemberian mandat kepengurusan di kabupaten kota. Kita juga turut serta ijut dalam upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut Sibolga pada peringatan 17 Agustus,” kata Agustin.

Di sisi lain, KPOTI Provinsi Sumatera Utara menyatakan siap untuk membantu KONI Sumut dan Pemerintah untuk mensukseskan PON 2024 di Sumut.

“Kita siap memeriahkan perhelatan PON 2024 dengan menggelar pemasalan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional di setiap venue pertandingan olahraga. Dan kita siap menjadi relawan bilamana dibutuhkan pada PON 2024 nanti,” tegas Agustin. Berita Medan, red