Road to Merdeka KPOTI Sumut menuju Indonesia Maju

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Sumatera Utara melaksanakan semarak kemerdekaan ke-75 tahun Republik Indonesia.

Ada sejumlah kegiatan dihelat pada semarak yang bertajuk Road to Merdeka KPOTI Sumut menuju Indonesia Maju tersebut.

Kepada wartawan, Jumat (14/8/2020), Ketua KPOTI Provinsi Sumut Agustin Sastrawan SPd MPd mengungkapkan, Road to Merdeka merupakan bagian dari peran KPOTI Sumut mengisi kemerdekaan.

“Ini momen KPOTI Sumut bergerak maju sekaligus bagian peranan kami menuju Hari Kemerdekaan RI di 17 Agustus nanti,” kata Agustin didampingi Sekretris Agus Salim Samosir dan Wakil Ketua Muhammad Asril.

Mantan Presiden Mahasiswa Unimed itu menjelaskan, Road to Merdeka diawali di Kota Medan pada 14 Agustus 2020 dan berakhir di Pulau Poncan Gadang Sibolga pada 17 Agustus 2020. Diisi pemberian mandat Kepengurusan KPOTI dan diskusi tentang permainan rakyat.

Kabupaten Kota yang diberi mandat kepengurusan yakni Medan, Deliserdang, Sergai, Tebingtinggi, Asahan, Tanjungbalai, Batubara, Labuhanbatu, Labusel, Labura, Siantar, Simalungun, Toba, Samosir, Taput, Tapteng, Tapsel, Madina, Palas, Paluta, Sidimpuan dan Sibolga.

“Roadshow dari Medan lewat jalur Toba dan menyinggahi kabupaten-kota yang dilalui. Ini sekaligus sebagai konsolidasi kita ke calon pengurus KPOTI yang ada di Kabupaten-Kota di Sumut serta menggali potensi kearifan lokal yang ada di sana,” ujar Agustin.

Acara puncaknya, sambung Agustin, ada di Kota Sibolga pada 16 Agustus 2020. Di sana, Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) yang sudah menyusun grand design acara, menggandeng KPOTI Sumut untuk berkegiatan menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI.

“Rombongan tiba 16 Agustus pagi di Sibolga dan langsung menuju Pulau Poncan lewat jalur laut,” urai Agustin.

Di Pulau Poncan, pengurus Komantab yang dikomandoi Damai Oktavianus Mendrofa telah menyiapkan tenda-tenda perkemahan serta melakukan sisir pantai.

“Malam harinya digelar malam renungan pengurus Komantab dan KPOTI Sumut,” kata Agustin.

Kemudian, pagi hari 17 Agustus 2020 digelar Upacara Peringatan hari kemerdekaan ke-75 tahun RI.

“Akan ada pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut Poncan oleh kawan-kawan Komantab. Selepas itu kita adakan fetival permainan rakyat seperti engklek, bentengan, selodor di Pulau Poncan. Ini sungguh momen luar biasa,” tukas Agustin. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini