Eks Pelatih Timnas Putri Indonesia Meninggal Dunia

Eks Pelatih Timnas Putri Indonesia Meninggal Dunia
Eks pelatih Timnas Putri Indonesia, Satia Bagdja Ijatna, meninggal dunia. (Dok. PSSI)

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kabar duka menyelimuti sepakbola nasional. Eks pelatih Timnas Putri Indonesia, Satia Bagdja Ijatna, meninggal dunia karena sakit.
Hal ini diumumkan langsung oleh PSSI pada Senin (3/8) malam. Satia Bagdja wafat dalam usia 60 tahun.

“Turut berduka cita atas berpulangnya mantan pelatih Timnas Putri Indonesia, Satia Bagdja Ijatna. Semoga beliau mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah SWT,” tulis akun Twitter resmi PSSI.

Satia Bagdja dikenal sebagai pelatih Timnas Putri di Asian Games 2018. Meski tak mampu berbuat banyak di ajang tersebut, namun kepemimpinannya meninggalkan kesan baik.

“Dia bisa memosisikan diri dengan baik sebagai guru, ayah, dan pelatih bagi atlet. Dia mengerti apa yang diperlukan oleh atlet perempuan yang secara psikologis berbeda dengan atlet laki-laki,” ujar Head of Women’s Football PSSI Papat Yunisal, dikutip Antara.

“Satia Bagdja mengetahui kapan dia harus tegas, kapan dia mesti mendekati pemain. Selalu memiliki solusi terbaik untuk setiap masalah,” sambungnya.

Selama hidupnya, Satia Bagdja dikenal dekat dengan pelatih Madura United saat ini, Rahmad Darmawan. Ia hampir selalu mengikuti RD sebagai asisten pelatih, di antaranya di Persikota Tangerang, Arema Malang, Persebaya Surabaya, hingga Persija Jakarta.

Mereka baru pisah jalan saat RD menukangi Sriwijaya FC pada 2018. Selain menjadi pelatih Timnas Putri, Satia Bagdja terakhir sempat menangani Persiba Balikpapan di Liga 2 pada tahun lalu. Ia juga dikenal sebagai dosen di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Selamat jalan, Coach..

Sumber : detik.com