Bantai Laos, Timnas U-16 Lolos ke Piala Asia 2018

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Bangkok – Timnas Indonesia U-16 lolos ke putaran final Piala AFC U-16 yang akan berlangsung di Malaysia tahun depan. Kepastian itu diperoleh usai skuat Garuda Nusantara mengalahkan Laos 3-0 pada laga pamungkas Grup G kualifikasi Piala AFC U-16 2018 di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand, Jumat (22/9) sore WIB.

Dengan hasil itu, Timnas Indonesia U-16 memastikan diri menjadi juara Grup G. Skuat racikan Fakhri Husaini ini mengoleksi 12 poin hasil dari empat kemenangan.

Sebenarnya, Sutan Zico dan kawan-kawan hanya butuh hasil imbang melawan Laos untuk merebut satu dari 16 tiket ke Piala AFC U-16 2018. Sebab, 10 poin yang dimiliki Indonesia tidak mungkin lagi bisa dikejar Thailand dan Timor Leste.

Kendati demikian, Indonesia tetap bermain menyerang sejak awal laga. Sisi kanan pertahanan Laos jadi titik serang Indonesia untuk mencetak gol.

Setelah terus berupaya, Timnas Indonesia U-16 akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-25. Memanfaatkan bola muntah di kotak penalti, Sutan Zico melepaskan tendangan kaki kanan untuk mengoyak gawang Laos.

Tertinggal satu gol, Laos mulai berani lebih menyerang pertahanan Timnas Indonesia U-16. Peluang didapat pada menit ke-41 lewat tendangan bebas. Namun, bola masih bisa ditangkap kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Timnas Indonesia U-16 tetap bermain di babak kedua. Sisi kanan pertahanan Laos masih menjadi titik awal serangan Brylian Negiehta dan kawan-kawan.

Hasilnya, gol kedua tercipta di menit ke-59. Memanfaatkan umpan silang, Zico kembali menjebol gawang Laos. Skor berubah menjadi 2-0. Zico nyaris saja mencetak hattrick andai saja tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti tidak membentur pemain Laos.

Jelang pertandingan berakhir dalam waktu normal, Indonesia mendapat hadiah penalti. Rendy Juliansyah yang menjadi algojo penalti sukses menjalankan tugasnya. Timnas Indonesia U-16 akhirnya menang dengan skor 3-0.

- Advertisement -

Berita Terkini