MotoGP Austria: Dovizioso Taklukkan Marquez

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Spielberg – Andrea Dovizioso meraih kemenangan ketiganya musim ini setelah bertarung ketat melawan pemuncak klasemen Marc Marquez hingga tikungan terakhir putaran terakhir Grand Prix Austria, Minggu (13/8).

Dua pembalap itu nyaris tabrakan di tikungan ke-10 ketika Marquez yang mencoba menyalip dari sisi dalam justru melebar ke kiri dan memotong jalur si pembalap Ducati.

Beruntung Dovi bisa mengerem tepat pada waktunya dan mendapat celah di sisi kanan Marquez untuk kembali memimpin lomba.

Dovi terlihat mengacungkan tangannya seperti kesal atas insiden tersebut beberapa saat sebelum melintasi garis finis.

Hasil ini membuatnya naik ke posisi dua klasemen, terpaut 16 poin dari Marquez. Dovi sebelumnya juga menang di Mugello dan Catalunya, sehingga dia sudah menorehkan musim terbaik dalam karirnya di MotoGP.

Marquez menegaskan dia telah mengerahkan semuanya untuk bisa menang dan insiden tikungan terakhir itu hanyalah bagian dari balapan.

“Memang benar-benar sampai ke batasnya di tikungan terakhir itu. Namun begitulah MotoGP,” kata Marquez sambil tertawa saat ditanya soal insiden tersebut usai balapan.

Dari perspektif berbeda, insiden itu memperlihatkan kecerdikan Marquez di tikungan sebelumnya untuk “memancing” Dovi ke pinggir kiri trek dalam upaya menutup jalurnya. Mendadak, Marquez langsung mengambil sisi kanan Dovizioso yang tidak menyangka dan bisa di depan pada tikungan berikutnya, sebelum terjadinya insiden itu.

Dani Pedrosa melengkapi finis double podium untuk Repsol Honda dengan merebut posisi ketiga. Untuk keenam kalinya Honda berhasil mendapat double podium musim ini.

Pembalap Ducati lainnya, Jorge Lorenzo, yang sempat memimpin di putaran-putaran awal, akhirnya harus puas finis keempat.

Ironi dialami kubu Yamaha ketika pembalap tim satelit Tech 3 Yamaha Johann Zarco mampu mengalahkan duo pembalap tim utama Maverick Vinales dan Valentino Rossi untuk finis kelima. Vinales dan Rossi masing-masing membuat kesalahan dengan terlalu melebar dan kehilangan posisi di depan, serta finis keenam dan ketujuh.

Dua pembalap tim satelit Ducati Alvaro Bautista (Aspar) dan Loris Baz (Avintia) berturut-turut finis delapan dan sembilan. Pembalap uji KTM Mika Kallio yang membalap dengan fasilitas wildcard juga mendapat poin dengan finis ke-10.

Juara Grand Prix Austria musim lalu, Andrea Iannone, hanya bisa menuntaskan balapan di urutan 11 untuk tim Suzuki Ecstar, disusul pembalap Pramac Ducati Scott Redding. (Fox Sports TV)

 

- Advertisement -

Berita Terkini