Buntut Konflik di Final Piala AFC, Lestaluhu Dapat Banyak “Hadiah” dari Komdis AFC

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Aulia Alfandry

MUDANews.com – Abdul Lestaluhu yang mendapatkan sanksi karena tendangan dia ke arah bench thailand pada menit injury time ketika babak final piala AFC akhirnya berbuntut panjang.

Abduh pun harus menerima sanksi tambahan dari AFC. Dia harus menerima hukuman tambahan satu larangan tampil, di luar hukuman satu laga dari kartu merah yang diterimanya.

“Abduh Lestaluhu mendapatkan sanksi larangan bermain di dua pertandingan internasional, itu sudah termasuk larangan tampil di satu laga atas kartu merah yang diterimanya dalam pertandingan Thailand melawan Indonesia pada 17 Desember,” demikian pernyataan Komdis melalui rilis mereka di laman resmi AFC.

Selain itu, dia juga wajib membayar denda sebesar 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 13,3 juta.

Bukan hanya Abdul yang mendapatkan sanksi, PSSI juga harus menerima dua hukuman dari AFC. Sanksi pertama terkait pelanggaran yang terjadi pada semifinal pertama Piala AFF 2016 kontra Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, 3 Desember 2016 itu.

PSSI dinyatakan melanggar Pasal 67 dan 68 Kode Disiplin AFC tentang pengorganisasian pertandingan dan kewajiban perilaku penonton. Alhasil, PSSI dijatuhi sanksi denda 20.000 dollar AS yang setara dengan Rp 266,4 juta.

Sementara sanksi kedua kepada PSSI terkait pelanggaran pada final leg pertama melawan Thailand di Stadion Pakansari pada 7 Desember 2016. PSSI didenda sebesar 45.000 dolar AS (Rp 599,4 juta) karena melanggar Pasal 67 dan 68 dalam Kode Disiplin AFC.

Total, hukuman denda yang diterima Indonesia mencapai 65.000 dollar AS (sekitar Rp 865,8 juta). Angka tersebut lebih besar dari total denda Thailand dan Vietnam. Sementara Thailand didenda sebesar 30.000 dollar AS (Rp 399,6 juta), Vietnam didenda 38.000 dollar AS (Rp 506,1 juta) atas pelanggaran yang sama.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini