Peringati Hari Literasi Nasional, JAKER dan MPSI Diskusi “Menghadang Kubilai Khan”

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

akarta, Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat-JAKER

Mudanews.com  Jakarta – Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat Daerah Khusus Jakarta (JAKER DK Jakarta) bekerjasama dengan Masyarakat Penggiat Seni Indonesia (MPSI) mengadakan Diskusi dan Bedah Buku Menghadang Kubilai Khan, sebuah novel sejarah karya AJ Susmana sebagai cara memperingati Hari Literasi Nasional, yang jatuh pada hari Minggu, 8 September 2024 Jam 15:00 sampai selesai di Posko #SaveTIM kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

“Diskusi dan Bedah Buku akan dimeriahkan dengan pagelaran teatrikal Menghadang Kubilai Khan dan diakhiri dengan pementasan Lingkaran Band. Ini bentuk apresiasi kami dalam memperingati Hari Literasi Nasional, dan salah satu usaha mengembalikan dan memperkuat budaya baca tulis kepada masyarakat luas,” tutur David Karo-Karo, Sekjend MPSI, Jakarta, 8 September 2024.

Bagi JAKER, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk konsistensi perjuangan JAKER dalam memajukan budaya literasi serta mendorong terbangunnya persatuan nasional seperti tema yang diangkat “Persatuan Nasional, Keadilan dan Kemakmuran Bangsa”.

“Dalam buku novel karya AJ Susmana ini, saya membaca nuansa sangat kental perihal seruan persatuan nusantara yang bisa kita artikan dalam konteks sekarang persatuan nasional. Persatuan Nasional apa dan bagaimana dalam masa novel ini adalah digagas, diolah dan diperjuangkan oleh Kertanagara Raja Singasari yaitu era sebelum berdirinya Majapahit dalam melawan invasi dan pendudukan asing yaitu melawan imperium terkuat dunia waktu itu yang dikomando Kubilai Khan. Jadi, novel tersebut layak untuk digali intisarinya lewat forum diskusi seperti ini ketika gagasan persatuan nasional juga mengemuka di panggung politik Indonesia saat ini,” jelas Annisa Ketua JAKER DK Jakarta menambahkan.

Annisa pun mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bisa menyempatkan waktu untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Berita Terkini