Gala Dinner, Wali Kota dr Susanti Bangga, Kota Pematangsiantar Jadi Tujuan Lake Toba Bike Adventure Tahun 2024

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Peserta Lake Toba Bike Adventure 2024 yang diikuti para bikers dari berbagai daerah di Indonesia dan Mancanegara, dijamu Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani SpA bersama Ketua Dekranasda H. Kusma Erizal Ginting SH, dan Forkopimda, serta Sekda Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi, juga para Pimpinan OPD Pemko Pematangsiantar, dalam acara Gala Dinner , di Kediaman Rumah Dinas Wali Kota Pematangsiantar, Jalan M.H Sitorus, Kamis malam (29/8/2024).

Wali Kota Pematangsiantar, dr. Susanti Dewayani SpA mengawali sambutannya menyampaikan, selaku Wali Kota dan atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar mengucapkan selamat datang, “Kami sangat senang dan menyambut baik atas kehadiran bapak/ibu Peserta Lake Toba Bike Adventure 2024 di Kota Pematangsiantar. Yang dimana Kota Pematangsiantar, dari Medan ke Pematangsiantar kurang lebih 120-an kilo, kemudian dari Siantar ke Parapat kurang lebih 48 kilo, dan itu namanya kurang lebih berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan air laut.

Kemudian Kota Pematangsiantar terdiri dari 8 Kecamatan dan 53 Kelurahan dengan data penduduk lebih kurang berjumlah 270-an ribu, terang Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA seraya menerangkan, bahwa Kota Pematangsiantar mengambil semangat moto dalam bahasa Simalungun “Sapangambei Manoktok Hitei” yang artinya adalah bergotong-royong untuk tujuan Mulia.

Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA juga berharap bapak ibu Peserta Lake Toba Bike Adventure baik yang di Indonesia maupun dari Mancanegara, agar kerasan dan nyaman di Kota Pematangsiantar. Dan tadi info dari ibu Julita Mada Saragih begitu dari Kualanamu menuju ke Kota Pematangsiantar naik bus, kemudian sempat di Kota penuh sejarah ini, Kota Toleransi bapak ibu tadinya berkeliling dengan menggunakan becak BSA, namanya BOM’S, ( BSA Owner Motorcycle Siantar), dan sedikit info bahwa becak BSA tadi adalah salah satu ikon Kota Pematangsiantar yang menjadi kebanggaan Kita, dan Becak BSA ini minggu depan Insyaallah akan ada di Bandara Internasional Kualanamu, tepatnya akan berada pintu kedatangan Kualanamu.

Disitu becak BSA nantinya, yang pertama untuk menyambut PON ke -XXI, dimana tahun ini penyelenggaranya adalah Sumatera Utara dan Aceh, alhamdulillah Kota Pematangsiantar menjadi salah satu tuan rumah Venue Cabor Tinju dalam kegiatan PON serta juga menjadi start untuk untuk olahraga sepeda wanita dari Kota Pematangsiantar menuju Parapat, makanya tadi mungkin kalau bapak ibu lihat banyak sekali spanduk kami sangat semangat untuk mengingatkan ini, terang dr Susanti Dewayani SpA.

Dalam kesempatan itu, dr Susanti Dewayani SpA juga menjelakan, Kota Pematangsiantar juga mempunyai tagline “Destinasi Yes Transit No”, dan ini sudah kami buktikan dan sudah kami upayakan secara maksimal meskipun nanti sebentar lagi akan dibukanya jalan tol, kita tidak takut, karena Kota Pematangsiantar adalah kota legendaris penuh kenangan, penuh memori, dan IPM Kota Pematangsiantar sangat tinggi 80,9 peringkat pertama tertinggi di Sumatera Utara, sehingga angka harapan hidup 74 atau hampir 75 tahun,”ucapnya.

Lebih lanjut Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA maengatakan, menjadi Kota Destinasi, Bapak Ibu sekalian tentunya besok akan menuju ke Danau Toba, yang kita ketahui bersama sudah disahkan dan ditetapkan menjadi destinasi super prioritas Internasional, dan Kota Pematangsiantar menjadi satu-satunya Kota penyangga destinasi super prioritas tersebut, dari 8 Daerah Kabupaten/Kota penyangga di dalam Danau Toba, yang dikarenakan jaraknya hanya 48 km menuju ke Danau Toba, jelasnya.

Dan menurut dr Susanti Dewayani SpA karena Kota Pematangsiantar mempunyai banyak sekali situs-situs sejarah, seperti situs Kantor Wali Kota yang sudah 100 tahun lebih umurnya dan gedung tersebut adalah pernah menjadi Kantor Gubernur Sumatra, kemudian Museum Simalungun, dan nantinya juga akan berdirinya Tugu Raja Sang Naualuh Damanik (Raja Siantar), kemudian wisata kuliner yang mempunyai cita rasa, mempunyai spesifik yang berbeda-beda sehingga semuanya hidup beserta kuliner, wisata Heritage, serta banyak lagi wisata yang lainnya, sehingga Bapak Ibu sekalian wisatanya ke Parapat tapi makannya (berkuliner) di Kota Pematangsiantar”,pinta perempuan pertama yang memimpin Kota Pematangsiantar.

Semenyara itu, Ceo Arras Adventure Dan Rudy Project Indonesia Julita Mada Saragih didampingi dokter Lidia menuturkan, Lake Toba Bike Adventure kembali hadir tahun ini untuk mempromosikan pariwisata Sumatera Utara, Bercerita sedikit memperkenalkan satu persatu para peserta yang hadir, dan saya adalah asli anak Pematangsiantar yang punya cita-cita ingin memberikan, membantu berkontribusi untuk daerah Kota kelahiran saya event Lake Toba bike Adventure ini sudah kita selenggarakan selama empat tahun, dan ini yang keempat tahun, luar biasa teman-teman tim saya adalah orang-orang Siantar jadi melihat event seperti ini itu adalah hasil karya anak Pematangsiantar.

Julita Mada Saragih juga menceritakan, saat mengetahui jika dirinya yang akan langsung memimpin event tersebut. Terlebih saat mentri pariwisata Sandiaga Uno tahu jika Julita memiliki marga Saragih yang merupakan keturunan Raja Sidabutar. Karena Team Arras Adventure akan lebih mudah diterima masyarakat setempat karena dapat saling memahami dan ada hubungan emotional, yaitu dari silsilah yang sama.
“Apalagi tujuan utama membuat event ini adalah bagaimana dapat melakukan suatu kegiatan yang dapat memberikan kontribusi di segala aspek melalui kegiatan event sport tourism ini. Sekaligus panggilan hati untuk mendukung Beli Kreatif Danau Toba dan mengenalkan keindahan Danau Toba, masyarakat dan tradisi yang ada di dalamnya,” katanya.

Julita mengaku bakal banyak pihak yang akan diajak berkolaborasi dalam mewujudkan rencana pembangunan Danau Toba nanti. Julita meyakini, dengan melibatkan para expert, juga instansi-instansi terkait dan masyarakat lokal, dapat mewujudkan event tersebut serta Arras Toba bisa berjalan seperti yang diharapkan.

Sebagai tanda kehormatan, Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA didampingi Ketua Dekranasda H. Kusma Erizal Ginting SH memberikan cenderamata berupa selendang ulos kepada semua peserta rombongan, selanjutnya wali kota pematangsiantar dan beberapa pimpinan OPD bersama rombongan Lake Toba Bike Adventure 2024 manortor bersama. Sehingga suasana penuh dengan rasa kekeluargaan.

Hadir dalam Gala Diner Lake Toba Bike Adventure 2024 tersebut, Mantan Gubernur Aceh Periode 2017 2022 Irwandi Yusuf bersama istri, mewakili Danrem 022 / Pantri Timur, Letkol Inf. Terhalem Sembiring, S.Pd. anggota DPRD Bintar Saragih, Sekadar Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi, dan para Comunity Lake Toba Bike Adventure (LTBA) Riders 2024 -Fri̇kaya Riders Dari Rudy Project Jakarta -Indonesia Cycling Embassy 1 Jakarta, KJS Kalimantan -Indonesia Chapter 31 Batam) Combok Cycling Inusa Tenggara Barat (NTB), Staf Ahli̇, Asisten, Pimpinan OPD, Camat di Lingkungan Pemerintah Kota Pematangsiantar, Ketua Walubi Kota Pematangsiantar,Susanto beserta pengurus.

Berita Terkini