Wisata Ramah Muslim di Bali, Yayasan Masjid Pantai Nusantara Audiensi ke Kemenparekraf

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, JAKARTA – Menyambut penyelenggaraan Festival Masjid Pantai Bali 2024, Pengurus Yayasan Masjid Pantai Nusantara dan Panitia Festival Masjid Pantai Bali melakukan audiensi ke kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI pada hari Selasa, 20 Agustus 2024.

Firmansyah Dimmy, Ketua Yayasan Masjid Pantai Nusantara dalam pertemuan tersebut menyampaikan tentang ekosistem Wisatapreneur Masjid Pantai Bali yang terprogram dalam konsep 5E: Edukasi, ekonomi, ekologi, empati dan entertain. Salah satu kegiatan yang mencakup program-program tersebut adalah Festival Masjid Pantai Bali.

Perhelatan Festival Masjid Pantai Bali yang akan diselenggarakan di Desa Cupel, Jembrana, Bali pada tanggal 23-25 Agustus 2024, adalah kegiatan yang kedua kali dilaksanakan di Jembrana, Bali. Dalam festival ini digelar berbagai kegiatan, seperti Lomba Perahu Layar (Jukung), Lomba Dayung Sampan (Omplok), Lomba Kecantikan Nelayan (Beauty Contest), Pawai Nelayan Tempoe Doeloe, Gelar Seni Islami, Lomba Mancing Mania, Penanaman Pohon Kurma, Santunan Anak Yatim, Tabligh Akbar, dan lain-lain

Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf RI, Itok Parikesit menyambut baik kegiatan inovatif berupa Festival Masjid Pantai Bali 2024 yang menjadi ruang kebersamaan antar umat beragama di Jembrana. Semangat toleransi yang dijunjung tinggi oleh tim Masjid Pantai Bali dan sambutan baik dari masyarakat yang beragam agama dan budaya ini diyakini akan memberikan angin segar bagi industri pariwisata di Bali, khususnya di Bali Barat yang selama ini kurang diminati oleh wisatawan dibandingkan Bali Selatan dan Bali Timur.

Dalam kesempatan tersebut, muncul wacana untuk menjadikan Masjid Pantai Bali sebagai “Wisata Ramah Muslim” sebagai salah satu daya tarik yang unik untuk melengkapi keragaman budaya dan agama yang menjunjung tinggi toleransi secara turun temurun di Kabupaten Jembrana, Bali.

Hal ini pula yang pernah disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat DMI, Jusuf Kalla, ketika Pengurus Yayasan Masjid Pantai Nusantara berkunjung ke kediamannya dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno dalam kesempatan terpisah menyambut keberadaan Wisatapreneur Masjid Pantai Bali.

Dukungan Pemerintah Kabupaten Jembrana yang dipimpin oleh Bupati I Nengah Tamba dan masyarakat Jembrana dalam berbagai kegiatan yang selama ini diselenggarakan oleh manajemen Masjid Pantai Bali tersebut diharapkan bisa menjadi contoh keindahan toleransi bagi daerah-daerah lainnya menuju Indonesia yang lebih maju secara harmonis dan berkelanjutan.

Panitia Festival Masjid Pantai Bali 2024 dan Kemenparekraf mengajak masyarakat dan para wisatawan yang sedang berkunjung ke Bali untuk hadir, menyaksikan dan menikmati beragam gelaran seni budaya yang ùnik dan menarik pada Festival Masjid Pantai 2024.

“Kami mengucapkan selamat dan sukses atas penyelenggaraan Festival Masjid Pantai Bali 2024”, ujar Itok sebagai penutup pertemuan tersebut.***

Berita Terkini