Tim PPK Ormawa KMIP Lakukan Peresmian Kolam Budidaya Berbasis RAS di Desa Sumberharjo

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com, Yogyakarta – Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam Tim PPK Ormawa KMIP menyelenggarakan kegiatan peresmian kolam RAS sebagai salah satu program kerja Aqua Power si Desa Sumberharjo, Yogyakarta, Pada hari Minggu, 11 Agustus 2024.

Peresmian tersebut bertempat di kediaman Radik Widyastomo Setyo Adi selaku Dukuh Jurugan dan dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat seperti Lurah Sumberharjo, Sekretaris Desa, Kamituwa, Dukuh Klero, serta masyarakat sekitar sebagai perwakilan unsur desa.

Kurniawan Widiyanto, S.E. selaku Lurah Sumberharjo, melakukan pemotongan pita sebagai simbolis peresmian kolam RAS yang telah selesai dibangun dan siap dioperasikan.

Samuel Kristo dan Nurul Habibah sebagai perwakilan dari Tim Aqua Power juga turut menjelaskan secara lanjut terkait budidaya ikan menggunakan kolam Recirculating Aquaculture System (RAS) yang telah dibangun kepada masyarakat yang hadir pada acara tersebut.

“Kolam RAS yang kami resmikan berjumlah tiga kolam, dimana masing-masing kolam diisi oleh 50 ekor ikan dan menggunakan empat jenis filter yang ditempatkan pada drum jerrycan 120 liter. Filter yang kami gunakan adalah zeolit, jaring nelayan, karang jahe dan biobol.” ucap Nurul Habibah selaku anggota Tim Aqua Power pada media di Kampus UGM Yogyakarta (20/8/2024).

Kemudian, Kurniawan Widiyanto, S.E. selaku Lurah Sumberharjo menyatakan adanya harapan bagi program Aqua Power agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kami siap dan menyanggupi dari pihak Kelurahan Sumberharjo untuk bekerjasama dengan Tim Aqua Power guna mendukung keberlangsungan, operasional, dan keberlanjutan program,” terang Kurnianto.

“Dengan adanya program pembangunan kolam RAS yang dilakukan oleh Mas dan Mbak [mahasiswa] dari UGM ini, kami harap dapat membantu masyarakat Desa Sumberharjo, terutama dalam mendukung ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat desa. Kami sebagai pihak desa juga bersedia untuk membantu program ini, apabila dibutuhkan.” Ucapnya.

Adanya peresmian kolam RAS ini menandakan dimulainya program AquaPower di Desa Sumberharjo. Selanjutnya, Tim AquaPower juga akan mengimplementasikan penggunaan pakan pelet alternatif berbahan dasar maggot untuk mendukung operasional budidaya ikan di Desa Sumberharjo.

“Pembuatan pakan dengan tepung maggot diharapkan dapat menjadi substitusi dari pakan komersial, sehingga dapat menurunkan biaya produksi budidaya ikan, nantinya pemberian ini akan dilakukan dengan perbandingan 50:50. Dimana pada pagi hari dapat dilakukan pemberian pakan substitusi tepung maggot serta pada malam hari dengan pakan komersial begitupun sebaliknya. Adanya substitusi pakan komersial dengan pakan berbasis tepung maggot, dilatar belakangi oleh kandungan protein maggot yang tinggi namun dengan harga yang lebih terjangkau,” ujar Samuel Kristo selaku Project Manager Tim Aqua Power. (Abraham, Mahardika B P dan Riski Ramadhana).

Berita Terkini